Take a fresh look at your lifestyle.

Mau Pemalang Bangkit, PAD Harus Dimaksimalkan

PEMALANG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pemalang harus bisa naik dibandingkan tahun sebelumnya agar Pemalang bangkit menjadi daerah yang makmur. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Pemalang harus bekerja lebih keras untuk menggali potensi daerah yang ada.

“Mau Pemalang bangkit, ya harus disertai dengan anggaran atau PAD yang sesuai dengan proyeksi. Sebab dengan PAD tersebut digunakan untuk pembangunan daerah dengan berbagai bidang, tetapi tetap memprioritaskan kepentingan yang lebih penting” ujar Budi Harmanto, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemalang, baru baru ini.

Ia mengatakan, semua program dari Pemda Pemalang bisa berjalan apabila dana atau anggarannya ada dan mencukupi. Apabila PAD pada tahun 2022 berada dibawah nilai Rp 300 miliar, dikuatirkan program pembangunan belum bisa berjalan maksimal. Pihaknya menargetkan pada PAD tahun 2022 bisa nilainya melebihi atau diatas Rp 310 miliar per tahun. Pihaknya mendorong agar OPD mempunyai rencana kerja yang jelas yang berkaitan dengan PAD yang digali secara utuh dari Pemalang. Berdasarkan pengamatan dan penilaiannya masih banyak potensi potensi pendapatan yang belum tergali secara maksimal. Apabila PAD besar dan tidak tergantung dana dari pusat sedikit banyak pembangunan daerah lebih maksimal. Pihaknya mendorong agar daerah bisa mandiri dalam masalah anggaran, tetapi hal tersebut belum memungkinkan, sebab PAD masih kecil sedangkan kebutuhan anggaran daerah sangat besar. Selain itu anggota dewan tersebut juga menyoroti pelayanan pada masyarakat baik bidang kesehatan, pendidikan, sosial dinilai kurang menyentuh masyarakat, hal itu harus segera dibenahi. (T08-red)

BERITA LAINNYA