Take a fresh look at your lifestyle.

Mau Dibangunkan Rumah Senilai Rp 70 Juta, Cek Program Ini

TEGAL, smpantura.com – Peluang untuk memiliki rumah dengan biaya murah dan dibantu pemerintah semakin besar. Salah satunya, melalui program rumah unggul sistem panel dan pembangunan rumah baru.

Untuk menjadi peserta program tersebut, masyarakat harus memiliki lahan minimal 6×10 meter, bukan lahan sewa dan telah tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin, usai menggelar reses pada Jumat (4/2) sore kemarin.

“Kalau prasyarat itu sudah terpenuhi, bukan tidak mungkin masyarakat bisa memiliki kesempatan dibangunkan rumah oleh pemerintah,” katanya.

Nantinya, lanjut Habib Ali, peserta program rumah unggul sistem panel bakal dibangunkan rumah senilai Rp 70 juta dengan alokasi anggaran Rp 35 Juta dari pemerintah provinsi dan sisanya dari swadaya.

“Hal itu juga berlaku untuk program pembangunan rumah baru. Dimana Rp 35 juta dari pemerintah pusat dan sisanya dari swadaya,” tegasnya.

Selain program itu, ujar Habib Ali, masih ada program rumah tidak layak huni (RTLH). Bantuannya berupa uang Rp 17,5 juta yang langsung masuk ke rekening penerima tanpa ada potongan pajak dan lainnya.

Ditegaskan Politisi PKB ini, setiap anggota DPRD mendapatkan porsi 20 unit dan pihaknya mengusulkan untuk mengawal 20 unit RTLH di Kecamatan Tegal Selatan.

“Saya siap membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah baru melalui program pemerintah. Jika warga baru memiliki uang Rp 25 juta, kemudian ditambahkan bantuan Rp 35 juta, maka saya siap membantu secara pribadi Rp 10 juta,” tutupnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA