Take a fresh look at your lifestyle.

Lima Pusaka Sakti Diserahkan ke Bupati Tegal

Kirab Budaya Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal

SLAWI, smpantura.com – Kepulan asap kemenyan dan wangi bunga mengiringi Kirab Budaya yang digelar Dewan Kebudayaan Kabupaten Tegal dalam rangka Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal, Rabu (18/5) pukul 15.00. Kirab Budaya itu cukup unik, karena puluhan pusaka sakti diarak keliling Kota Slawi.

Kirab Budaya yang diikuti puluhan pelaku seni asal Kabupaten Tegal itu diawali dari Gedung Kesenian Kabupaten Tegal yang juga Kantor Dewan Kebudayaan Kabupaten Tegal menuju Pendapa Amangkurat di komplek perkantoran Pemkab Tegal. Mereka dengan pakaian Jawa membawa pusaka sakti dari mulai tombak hingga keris. Yang tak kalah menarik, dua gada besar dengan ukuran unik menyedot banyak mata masyarakat. Iring-iringan itu juga dimeriahkan musik rebana dan pertunjukan kuda lumping.

Usai tiba di depan Pendapa Amangkurat, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Agus Wardana atau yang akrab disapa AW menyerahkan sedikitnya lima pusaka sakti koleksi dari empat komunitas pecinta keris di Kabupaten Tegal. Tiga tombak lurus, satu keris Luk 13 dan satu keris lurus yang diterima Bupati Tegal Hj Umi Azizah.

“Pusaka-pusaka ini salah satunya memiliki filosofi dapur. Artinya doa pengharapan pencapaian tujuan, yang memiliki sifat mahesa tangguh yang peduli terhadap masyarakat, dan menjadi pemimpin yang ulet, kesucian hati serta ulet dalam menggapai cita-cita,” kata AW di hadapan Bupati Tegal.

AW juga tidak serta merta menyerahkan pusaka itu, namun para pecinta keris siap untuk merawat pusaka yang diserahkan ke Pemkab Tegal. (T05-Red)

BERITA LAINNYA