Take a fresh look at your lifestyle.

Layanan Arpusda Kota Tegal Diperketat

Tujuh Pegawai Terkonfirmasi Positif Covid-19

TEGAL, smpantura.com – Layanan Perpustakaan Mr Besar Mertokusumo Kota Tegal, diperketat mulai Rabu (16/2). Sebab, tujuh pegawai perpustakaan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Tegal, Herviyanto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Menurut Hervi, pegawai perpustakaan diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil swab pada Selasa (15/2) lalu. Dari 15 orang yang menjalani swab, tujuh di antaranya menunjukkan hasil positif.

“Mereka yang positif langsung kami minta menjalani isolasi mandiri di rumah, hingga kondisinya benar-benar pulih, meski tanpa ada gejala berat,” ucap Hervi.

Sebagai tindak lanjut, sambung Hervi, pelayanan perpustakaan untuk sementara tetap buka dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat hingga pukul 14.00 WIB.

Untuk penanganan lebih lanjut, Hervi mengaku telah bersurat ke Satgas Covid-19. Namun, untuk langkah awal, pihaknya telah melakukan sterilisasi perpustakaan dengan penyemprotan disinfektan.

“Surat sudah kami kirimkan kepada Satgas Covid-19. Sejak kemarin juga seluruh ruangan sudah disterilkan,” bebernya.

Terpisah, Kepala Seksi Pelayanan dan Informasi Pustaka, Arpusda Kota Tegal, Otih Munhareti menyebutkan, pembatasan kunjungan perpustakaan telah dilakukan sejak Kota Tegal, berstatus PPKM Level 3.

Dimana untuk tiga ruangan yang tersedia, hanya bisa diisi maksimal 16 orang. Tiga ruangan itu meliputi ruang referensi, ruang anak dan dewasa.

“Kita perketat pengawasan prokes. Pengunjung wajib cek suhu dan cuci tangan sebelum masuk. Saat di ruangan juga tidak diperkenankan melepas masker dan wajib menjaga jarak,” jelasnya.

Ditambahkan dia, meski pelayanan di perpustakaan tetap buka, namun ada beberapa kegiatan yang sementara dihentikan. Di antaranya, Perpustakaan Keliling Masyarakat (Pusling Mas) dan Kampung Dongeng (Kado). (T03-red)

BERITA LAINNYA