Take a fresh look at your lifestyle.

KMPA Giri Bahama Petakan Rencana Jalur Pipa Air Bersih untuk Masyarakat

SOLO – Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Giri Bahama, Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan pemetaan rencana jalur pipa air bersih untuk masyarakat Dukuh Munthuk, Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. KMPA Giri Bahama menerjunkan tujuh personil yang dibagi menjadi tiga tim untuk memetakan jalur yang akan dipasang pipa air bersih untuk masyarakat.

“Kami dari KMPA Giri Bahama bekerjasama dengan Sahabat Muslim Surakarta (SMS) telah melakukan pemetaan untuk pemasangan jalur pipa air bersih. Diperkirakan pemasangan pipa yang akan dilakukan oleh SMS beserta masyarakat, dengan panjang pipa sekitar 10 kilometer dari sumber air sampai ke penampungannya,” ujar Ketua KMPA Giri Bahama, Sarwoto, Jumat (4/2).

Ia mengatakan, salah satu ilmu yang dipelajari di Fakultas Geografi yaitu tentang pemetaan. Namun di Giri Bahama ilmu pemetaan dikembangkan tidak hanya pemetaan permukaan tanah, tetapi juga ada pemetaan gua atau pemetaan sungai bawah tanah. Mendasari hal tersebut, KMPA Giri Bahama selalu diminta kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan pemetaan seperti yang dilakukan pada minggu ini. Tim dari Giri Bahama yang terdiri dari tiga personil wanita dan empat orang laki laki telah melakukan pemetaan rencana pemasanga pipa air bersih di Dukuh Munthuk. Personil yang sudah terlatih diberbagai medan langsung bergerak memetakan medan yang akan digunakan jalur pipa air bersih. Tiga Srikandi dari Giri Bahama memiliki tugas yang sama memetakan lokasi lokasi jalur pipa yang tidak terlalu sulit, sedangkan medan berat dilakukan laki laki. Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat, dan sebagai pengaplikasian ilmu secara langsung yang didapat saat kuliah.

“Kendala yang dihadapi antara lain vegetasi cukup lebat, jalur lama yang sudah dipetakan hilang tertutup vegetasi. Bahkan tiga Srikandi Giri Bahama sempat terjebak di atas bukit akibat badai, sedangkan jalur untuk turun longsor dan jembatan putus, namun hal tersebut bisa diatasi sehingg mereka tidak terjadi apa apa,” terangnya. (T08-red)

BERITA LAINNYA