Take a fresh look at your lifestyle.

Jumlah Positif Covid Peserta Bintek BOS Bertambah, Tracing Digencarkan

BREBES, smpantura.com – Jumlah peserta Bimbingan Teknis (Bintek) terkait Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes di Solo, yang terpapar Covid-19 kini bertambah. Sementara itu, Pemkab Brebes kini terus menggencarkan tracing terhadap ratusan peserta Bintek yang berasal dari tenaga pendidik tersebut.

Data sementara yang berhasil dihimpun dari sejumlah puskesmas di Kabupaten Brebes menyebutkan, peserta bintek dari Korwilcam Pendidikan Kecamatan Brebes diketahui ada 35 orang positif. Kemudian dari hasil tracing di Puskesmas Losari, diketahui dari 45 peserta, ada 22 orang positif.

Tracing di Puskesmas Jatibarang, dari sebanyak 43 peserta, sebanyak 30 orang di swab, dan yang positif 26 orang, 4 orang negatif dan 13 orang tidak hadir. Di Korwilcam Bantarkawung, ada 58 peserta bintek dan menjalani swab antigen di Puskesmas Bantarkawung serta Puskesmas Buaran. Hasilnya, di Puskesmas Bantarkawung ada 35 peserta di swab, dan 20 orang positif. Rinciannya, 12 orang bergejala dan 8 orang tidak bergejala. Sedangkan di Puskesmas Buaran ada 22 peserta diswab, satu orang tidak hadir, dan hasilnya masih belum diketahui.

Selanjutnya di Korwilcam Tanjung, tidak ada peserta bintek yang hasil swab antigennya positif. Di Puskesmas Ketanggungan, dari 23 orang di swab antigen, 8 orang positif. Di Puskesmas Cikakak dari 27 peserta yang di swab, 5 orang positif. Di Puskesmas Tonjong dari 42 peserta di swab antigen, 17 orang positif, dan 1 orang positif dari hasil tes swab di Puskesmas Bumiayu.

Peserta bintek itu, merupakan penatausaha BOS di satuan pendidikan. Mereka terdiri dari operator BOS, bendahara sekolah dan beberapa kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Brebes. Mereka mengikuti bintek di Lorin Solo Hotel Kabupaten Karanganyar yang berlangsung selama sepekan.

“Sekarang perkembangannya kita sudah saling koordinasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Kemudian, Kabid yang menangani bintek ini sudah komunikasi dengan petugas-petugas puskesmas,” kata Sektetaris Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Senin (14/2/2022).

Atas persoalan tersebut, pihaknya saat ini tengah menggencarkan tracing terhadap para peserta bintek tersebut. Langkah itu dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran. Para peserta diminta untuk melakukan swab antigen di puskesmas terdekat. Jika nantinya yang terpapar jumlahnya banyak, Pemkab Brebes tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat. “Kami siapkan Islamic Center untuk tempat isolasi terpusat. Kalau mau isolasi mandiri ya kami persilahkan, namun dengan pantauan petugas puskesmas setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dindikpora Kabupaten Brebes, Juwita Asmara mengaku, sampai saat ini pihaknya masih memintai laporan hasil pemeriksaan swab dari peserta bintek di 17 Korwilcam Pendidikan di Kabupaten Brebes, yang jumlahnya mencapai 800 orang lebih. Mereka berangkat ke Kota Solo untuk mengikuti bintek pada Senin (7/2/2022) lalu. Pihaknya mengaku tidak mengetahui penyebab para peserta bintek ini positif corona.

“Kegiatan bintek di Solo sudah selesai semua. Total peserta ada 800-an orang yang terdiri dari Operator BOS, Bendahara Sekolah dan beberapa Kepala Sekolah. Saat ini kami sedang memintai hasil swab para peserta bintek yang lain. Karena baru kecamatan Brebes saja yang sudah melaporkan ke kami,” terangnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA