Take a fresh look at your lifestyle.

Jembatan Plompong Resmi Dioperasikan, Warga Bahagia Bukan Kepalang

 

BUMIAYU,smpantura.com- Bupati Brebes Idza Priyanti meresmikan pengoperasian Jembatan Plompong di Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Kamis (10/2).

 

Peresmian disambut gembira oleh warga. Mereka bahagia bukan kepalang. Sebab, sudah lama menantikan jembatan yang memadai.”Senang akhirnya punya jembatan baru yang memadai. Sepertinya kokoh, mudah-mudahan tahan lama,” kata warga setempat, Soimah (50)

Dia mengungkapkan, jembatan lama berulangkali putus kena banjir. Pada tahun 2017, pemerintah membangun jembatan baru. Namun belum selesai dibangun, putus diterjang banjir. Sejak itu, warga mengandalkan jembatan darurat bailey.”Tahun 2021 dibangun lagi. Ahamdulillah selesai dan sekarang bisa digunakan,” katanya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Idza Priyanti dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Brebes Narjo. Setelahnya dilaksanakan pemotongan tumpeng.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, pembangunan Jembatan Plompong menelan anggaran Rp 11 miliar dari APBD Kabupaten Brebes 2021. Menurutnya, jembatan yang membentang di atas Sungai Keruh ini menjadi akses utama warga Desa Plompong menuju ibukota kecamatan. Selain itu, juga menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Kecamatan Sirampog dengan Paguyangan.”Adanya jembatan baru ini akan meningkatkan mobilitas ekonomi dan pendidikan masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengajak warga agar merawat infrastruktur yang sudah dibangun. Salah satunya dengan tidak melakukan aktivitas penambangan di sekitar jembatan.”Supaya umur jembatan ini tahan lama. Segera laporkan ke saya kalau ada kegiatan penambangan di jembatan ini,” kata bupati.

Sementara Sekretaris Dinas PU Kabupaten Brebes Abdul Majid, menjelaskan, jembatan Plompong memiliki panjang 80 meter dan lebar 5,2 meter. Konstruksinya menggunakan rangka baja, tanpa pilar atau penyangga jembatan.”Memang dibangun tanpa pilar tengah untuk menghindari terjangan material banjir. Lebih aman,” katanya.(T06-red)

BERITA LAINNYA