Take a fresh look at your lifestyle.

Jalan Daendels Rusak Berlubang-lubang

PEMALANG – Jalan Daendels masuk Kota Pemalang yakni Jl Perintis Kemerdekaan, Taman Pemalang sudah lebih dari sepekan berlubang-lubang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Sudaryono mengatakan lubang-lubang yang terjadi akibat guyuran hujan yang deras dan lama dalam beberapa hari terakhir.

“Sebenarnya beberapa waktu yang lalu sudah ada lubang dan kami tambal, namun lantaran hujan deras dan lama, lubang akhirnya timbul kembali,”kata Sudaryono saat dikonfirmasi wartawan, kemarin.

Lubang jalan tersebut cukup dikeluhkan warga lantaran membahayakan. Warga harus memilih jalan untuk mengindari lubang baik pengendra sepeda motor maupun mobil pribadi.

Lubang terjadi di ruas Jl Perintis Kemerdekaan pada lajur selatan sejak dari palang pintu kereta api (KA) Gandulan sampai depan perumahan Shapire. Sementara pada jalur utara lubang jalan terjadi sejak dari lampu pengatur lalu lintas Beji sampai sebelah timur jembatan Kali Elon.

Pada lajur selatan sebenarnya adalah jalur cepat sebab kendaraan baru saja melambatkan lajunya lantaran melintasi rel KA. Usai melintasi rel, maka kendaraan akan memulai memacu laju namun apabila tidak berhati-hati bisa terjebak lubang.

Demikian pula di lajur utara, lubang yang terjadi berada di dekat lampu pengatur lalu lintas. Kendaraan yang baru saja tancap gas lantaran lampu menyala hijau harus buru-buru mengerem lajunya lantaran ada lubang jalan.

Sudaryono menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penambalan lubang jalan tersebut.”Sebentar lagi lubang-lubang itu kami atasi, kami tinggal tunjuk kontraktor dan semoga intensitas hujan tidak terlalu lama,”kata Sudaryono.

Sebelumnya disampaikan bahwa jalan Daendels atau Perintis Kemerdekaan merupakan hasil downgrade (turun kelas) dari semula jalan milik pemerintah Provinsi Jateng menjadi milik pemerintah Kabupaten Pemalang. Downgrade dilakukan sejak tahun 2017.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA