Take a fresh look at your lifestyle.

Hasil Rapid Test, Warga Brebes Positif Covid Jadi 20 Orang

BREBES – Jumlah warga di Kabupaten Brebes yang dinyatakan positif virus korona (Covid-19) dari hasil rapid test bertambah menjadi 20 orang. Mereka merupakan warga yang mempunyai riwayat pulang dari kegiatan Ijtima di Gowa Sulawesi Selatan. Puluhan warga tersebut berasal dari Kecamatan Bantarkawung dan Salem.

Sebelumnya, dari hasil rapid test yang dilaksanakan di RSUD Bumiayu, diketahui ada sebanyak 9 orang dari Kecamatan Bantarkawung dinyatakan positif. Mereka kini berada ke RSUD Brebes untuk menjalani karantina dan pemeriksaan swab.

“Sampai hari ini, dari hasil rapid test yang telah dilakukan totalnya ada 20 orang yang positif. Sebanyak 19 orang berasal dari Kecamatan Bantarkawung dan 1 orang dari Kecamatan Salem. Dibanding kemarin, berarti ada tambahan sebanyak 11 orang. Mereka seluruhnya mempunyai riwayat pulang dari Gowa, Sulawesi Selatan,” terang Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Selasa (21/4).

Djoko yang juga menjabat Sekda Kabupaten Brebes itu menjelaskan, tambahan orang yang dinyatakan positif secara rapid test tersebut, berasal dari proses rapid test yang dilaksanakan hari ini (21/4) di RSUD Bumiayu dan Puskesmas Salem. Di RSUD Bumiayu ada sebanyak 14 orang yang hari ini menjalani rapid test, dan hasilnya 10 orang positif. Kemudian, di Puskesmas Salem ada 6 orang yang menjalani rapid test, dan hasilnya 1 positif. Sedangkan di kecamatan lain juga dilakukan rapid test terhadap para warga yang baru pulang dari Gowa Sulawesi Selatan tersebut, tetapi hasilnya negatif. “Dari sebanyak 20 orang yang positif ini, 9 orang di antaranya sudah dikarantina di RSUD Brebes dan 11 orang dikarantina di RSUD Bumiayu. Mereka hari ini akan menjalani pemeriksaan swab, dan hasilnya diketahui sekitar 3 hari kedepan,” jelasnya.

Dari hasil pendataan, lanjut dia, hingga kini jumlah sementara warga Brebes yang mempunyai riwayat pulang dari Gowa sebanyak 57 orang. Mereka berasal dari 6 kecamatan. Yakni, Salem sebanyak 6 orang, Bantarkawung 33 orang, Paguyangan 4 orang, Wanasari 1 orang, Sirampog 3 orang dan Brebes 10 orang. Sementara dari jumlah tersebut, yang telah menjalani rapid test sebanyak 37 orang, dan 20 orang hasilnya positif. “Kami saat ini terus melakukan tracking terhadap warga yang mempunyai riwayat pulang dari Gowa ini. Mudah-mudahan jumlahnya tidak bertambah,” terangnya.

DIMINTA JUJUR

Lebih lanjut dia mengatakan, bagi warga yang belum menjalani rapid test, petugas Dinas Kesehatan saat ini tengah berkeliling untuk melakukan rapid test. Sedangkan khusus 10 orang di Kecamatan Brebes, rencananya rapid test akan dilakukan besok (22/4). Di sisi lain, pihaknya juga meminta bagi warga untuk jujur jika mempunyai riwayat mengikuti kegiatan Ijtima di Gowa. Sehingga, pihaknya bisa melakukan tindakan untuk upaya pencegahan penyebaran covid-19. “Kami melalui camat telah mengintruksikan untuk melakukan karantina mandiri bagi wilayah yang warganya mempunyai riwayat pulang dari Gowa. Ini sebagai upaya memutus mata rantai,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA