Take a fresh look at your lifestyle.

Harapkan Sinergitas, Perbanusa Datangi DPD RI

TEGAL, smpantura.com – Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara (Perbanusa) mendorong kepala daerah membuat kebijakan perusahaan untuk membina beberapa bank sampah.

Hal tersebut mengemuka, saat para pegiat lingkungan mengikuti audiensi dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dr Abdul Kholik, belum lama ini.

Ketua Perbanusa Jawa Tengah, Rahmat Budi berharap, pembinaan terhadap bank sampah dapat dilakukan sebagai dukungan pemerintah untuk mengatasi permasalah sampah.

“Kepada senator, kami juga meminta ada pengawasan terhadap kepala daerah, jika membuat Perbup atau Perwalkot sifatnya tidak copy paste. Seperti halnya perda persampahan yang ada,” ujar Rahmat kepada smpantura.com, Jumat (4/2).

Dalam kesempatan itu, Rahmat yang juga Pengurus TPST Panggung Kota Tegal berharap, pemerintah dapat mendukung kegiatan bank sampah, tanpa ada diskriminatif.

“Kami juga meminta kepada senator untuk bisa menjadi contoh sebagak Bapak Asuh Bank Sampah,” ujar Rahmat dalam audiensi tersebut.

Ditambahkan, pihaknya juga mengharapkan adanya bantuan untuk menjembatani legalitas Perbanusa kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait, penerbitan SKT sebagai solusi lamanya proses pendaftaran Perbanusa melalui Kemenkumham. (T03-red)

BERITA LAINNYA