Take a fresh look at your lifestyle.

Hampir Semua Desa Kumuh, DPRD Kabupaten Tegal Buat Perda Permukiman Kumuh

SLAWI, smpantura.com – DPRD Kabupaten Tegal melalui Panitia Khusus (Pansus) I DPRD setempat membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Hal itu dilakukan karena hampir semua desa di kabupaten itu, masuk kategori kumuh.

“Reperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, mulai dibahas di Pansus 1,” kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Tegal, Lina Agustina, Jumat (24/6).

Dikatakan, Raperda itu bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui perumahan dan permukiman yang sehat, aman, serasi dan teratur.

“Karena SK desa kumuh sebenarnya tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, berdasarkan draft raperda, hampir seluruh desa di Kabupaten Tegal masuk kategori kumuh,” kata Lina.

Selain itu, lanjut Lina, Raperda yang nantinya disahkan menjadi Perda, juga untuk mewujudkan lingkungan di Kabupaten Tegal agar lebih tertata dan teratur. Hal itu diharapkan tidak ada lagi kekumuhan pada masa yang akan datang. Lina menyebut, dalam Raperda itu, juga akan mengatur kearifan lokal.

“Sebab, di dalam kearifan lokal suatu daerah perumahan dan permukiman, pasti terdapat niliai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat,” pungkasnya. (T05-Red)

 

 

 

 

 

BERITA LAINNYA