Take a fresh look at your lifestyle.

Fraksi PKB Minta Dedy Yon Turun Temui Pemilik Kapal dan ABK

TEGAL, smpantura.com – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Tegal, meminta pemerintah setempat turun menemui para pemilik kapal dan anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban kebakaran kapal di Pelabuhan Pelindo Tegal, Sabtu (29/1) lalu.

“Insiden yang menghanguskan sekitar 17 kapal itu pasti menyisakan permasalahan. Salah satunya, sekitar 1.000 ABK terancam kehilangan pekerjaan,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin, dalam Rapat Paripurna, Senin (31/1).

Pria yang menjabat sebagai anggota Fraksi PKB itu berharap, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dapat turun langsung menemui pemilik kapal dan ABK, untuk menampung sejumlah aspirasi.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Ali juga meminta Dedy Yon bergerak cepat memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendata kerugian dan memberikan bantuan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Salah satunya bantuan beras dari Kementerian Sosial. Mungkin Pemkot bisa memberikan bantuan beras kepada ABK. Termasuk juga bantuan untuk kejadian kebakaran kapal itu sendiri, melalui APBD I maupun APBD II,” pungkasnya.

Ditambahkan Habib Ali, keberadaan mall pelayanan publik, diharap mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya perizinan melaut. Termasuk uji cek fisik yang bisa dilakukan penguji yang bersertifikasi.

“Kami berharap, cek fisik kapal baik yang berukuran di atas 30 gross ton (GT) maupun di bawah 30 GT bisa dibantu Pemkot. Sehingga, tidak terjadi penumpukan kapal akibat terlalu lama menunggu perizinan,” tegasnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA