Take a fresh look at your lifestyle.

Disporapar Jalin Sinergitas untuk Penanggulangan Sampah di OW Guci

SLAWI, smpantura.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, menggelar pertemuan lintas sektoral di Aula Guyub Rukun Lantai 2, Kamis (3/2) kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Muchtar Mawardi, para Camat, Direktur Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, PMI Kabupaten Tegal dan PHRI.

Selain itu, turut hadir pula sejumlah unsur pegiat lingkungan seperti di antaranya Asobsi Kabupaten Tegal, Ecoenzym Nusantara Tegal, karang taruna serta koordinator paguyuban pelaku usaha Guci dan Satgas Mandiri Wisata Guci.

‌Pertemuan tidak lain untuk membahas penanggulangan sampah di kawasan Objek Wisata (OW) GUCI yang kondisinya semakin memprihatinkan, karena Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Pekandangan mengalami kelebihan kapasitas atau overload.

Hal tersebut menimbulkan bau tidak sedap dan pemandangan yang kurang enak dilihat, serta pada akhirnya membuat tidak nyaman wisatawan maupun pelaku usaha dan masyarakat setempat.

‌Kepala Disporapar, Kabupaten Tegal, Saidno menjelaskan, dalam waktu dekat pemerintah daerah setempat akan merelokasi TPS. Sebab, tempat akan dibangun kolam renang berstandar Internasional.

Dengan adanya pertemuan lintas sektoral diharapkan dapat memberikan alternatif dan solusi terhadap permasalahan sampah yang ada di Guci.

Senada disampaikan Kepal DLH Kabupaten Tegal, Muchtar Mawardi, yang menyebut, pengelolaan sampah harus mulai dipilah dari rumah. Selain itu, ada pula pengelola sampah secara khusus di lokasi dan tidak ada lagi sampah yang masuk dari luar Guci.

“Mulai hari ini, Jumat (4/2) dilakukan edukasi kepada pelaku UMKM untuk tidak menggunakan plastik. Informasi itu juga kita berikan melalui pengeras suara yang diputar secara rutin,” ungkapnya.

Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan sampah, akan dilakukan survei lokasi untuk relokasi TPS pada Senin, 7 Februari 2022 dan sosialisasi.

Selain itu, akan ditetapkan pengurus Bank Sampah di Objek Wisata Guci, sebagai upaya gerak bersama dalam pengelolaan sampah. (T03-red)

BERITA LAINNYA