Take a fresh look at your lifestyle.

Disnakerin Butuh Serikat Pekerja yang Kuat

TEGAL, smpantura.com – Para pekerja di Kota Tegal menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) di RM Tempo Doeloe, Kamis (3/2) siang.

Hadir dua puluhan serikat pekerja atau serikat buruh yang berbentuk federasi, serikat di dalam perusahaan, maupun di luar perusahaan.

Ketua DPD K.SPSI Jawa Tengah, Gideon Hartoyo mengapresiasi penyelenggaraan Konfercab K.SPSI Kota Tegal.

“Jujur saya harus berterima kasih kepada Kepala Disnakerin Kota Tegal yang telah mendorong dan memberi motivasi kepada Panitia Penyelenggara hingga hari ini dapat menggelar konfercab sesuai AD/ART organisasi,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Gideon juga mengharapkan Disnakerin dapat selalu mendampingi para pengurus agar keberadaan K.SPSI dirasakan manfaatnya oleh para pekerja dan masyarakat pada umumnya.

Ditambahkan, bahwa Kota Tegal harus mampu menjadi barometer daerah sekitar, bagaimana pekerja dapat bekerja nyaman dan damai serta terlindungi, agar motto K.SPSI sebagai pembina dan pelindung pekerja dapat terwujud.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan yang menghadiri konfercab menyampaikan bahwa serikat pekerja merupakan salah satu pilar penting untuk membangun hubungan industrial yang dinamis, harmonis dan berkeadilan.

“Tanpa serikat pekerja yang kuat, tidak akan ada dinamika. Maka saya menginginkan serikat pekerja yang bisa berdiskusi, berargumentasi dan paham regulasi, pendek kata bisa menjadi semacam ’sparring partner’ bagi dua pilar lainnya, yaitu pengusaha dan pemerintah,” ungkapnya sebelum membuka konfercab secara resmi.

Agenda pokok konfercab untuk memilih personalia kepengurusan dipandu oleh Sekretaris DPD K.SPSI Sariful Imadudin yang akrab dipanggil Ipung.

Dengan musyawarah mufakat, peserta konfercab sepakat memilih Munadi Rosyid dari Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F.SPTI) Kota Tegal sebagai Ketua K.SPSI Kota Tegal masa bakti 2022-2027.

Ketua terpilih sebagai Formatur tunggal langsung melengkapi jajaran kepengurusan, dengan tiga Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, masing-masing dengan wakil.

DPD K.SPSI mendaulat Kadisnakerin untuk mengukuhkan personalia DPC K.SPSI Kota Tegal 2022 – 2027. Selesai mengukuhkuan, Heru meminta pengurus terpilih segera melakukan konsolidasi, selalu berkoordinasi dengan Disnakerin, dan aktif dalam forum Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Kota Tegal mewakili unsur pekerja.

“Jangan sungkan-sungkan komunikasi dengan saya, mari kita lesehan moci bareng untuk membahas berbagai masalah ketenagakerjaan dengan suasana santai dan nyaman,” ajak Heru kepada Munadi dan jajaran pengurus terpilih. (T03-red)

BERITA LAINNYA