Take a fresh look at your lifestyle.

Disdukcapil Brebes Jamin, Mulai Februari Ini Pembuatan KK Kembali Normal

BREBES, smpantura.com – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes, menjamin mulai bulan Februari ini proses layanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) kembali normal. Hal itu menyusul beberapa kendala yang dihadapi sebelumnya telah bisa teratasi. Bahkan, tenaga untuk verifikasi berkas pengajuan KK juga ditambah.

“Saya jamin mulai bulan ini pembuatan KK kembali normal. Artinya, waktu pelayanannya maksimal hanya selama 4 hari, dengan catatannya semua berkas persyaratan pemohon sudah lengkap,” tandas Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo, Kamis (3/2).

Seperti diberitakan sebelumnya, Layanan pembuatan KK di Kabupaten Brebes, dikeluhkan masyarakat karena prosesnya lama. Masyarakat harus menunggu hingga 2 minggu lebih, padahal sebelumnya hanya membutuhkan waktu paling lama dua hari. Lamanya proses pembuatan KK itu, dirasakan masyarakat di Kota Bawang sejak awal Januari lalu. Sementara Disdukcapil Kabupaten Brebes, berdalih lamanya pelayanan pembuatan KK itu karena adanya pergantian sistem. Sehingga petugas butuh penyesuaian terhadap sistem baru yang diterapkan tersebut.

Mayang menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan terkendalanya layanan pembuatan KK tersebut. Selain terkait Sumber Daya Manusia (SDM), juga lebih disebabkan karena kendala jaringan internet pada sistem. Akibat lemahnya jaringan internet tersebut, input data pemohon menjadi lamban. Padahal untuk satu hari rata-rata jumlah pemohon KK sekitar 1.000 orang. Ketika input data itu tidak terselesaikan, akan menjadi beban sehingga menyebabkan daftar antrean semakin menumpuk. “Untuk saat ini, semua berkas pemohon sudah terinput semua, sehingga kami pastikan untuk pemohon selanjutnya akan terlayani dengan cepat dan tepat waktu,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pencetakan KK dari pemohon yang sudah diverifikasi rata-rata telah mencapai 800-1000 lembar. Angka tersebut sudah kembali normal seperti di bulan-bulan sebelum ada kendala jaringan. Upaya antisipasi lainnya, petugas verifikasi berkas di Disdukcapil juga telah ditambah. “Sesuai standar pelayanan, untuk pembuatan KK ini waktunya paling lama 4 hari, dengan catatan semua berkas persyaratan lengkap,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA