Take a fresh look at your lifestyle.

Capaian Vaksinasi Covid-19 Binda Jateng Tembus 300 ribu dosis

TEGAL, smpantura.com – Sebanyak 10.000 orang ditargetkan menerima vaksin Covid-19 dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Sabtu (22/1).

Mereka terdiri dari anak atau pelajar usia 6-11 tahun melalui program vaksinasi massal dan masyarakat umum melalui program secara door to door serta vaksinasi booster.

Diketahui, 10.000 target itu tersebar di sembilan wilayah kabupaten kota se-Jawa Tengah meliputi, Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Magelang, Temanggung, Semarang, Pati dan Kota Tegal.

Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan, sebanyak 10 sentra vaksinasi didirikan di sembilan wilayah. Adapun wilayah dengan pelaksanaan vaksinasi masyarakat door to door berada di Kabupaten Banyumas, Tegal dan Magelang.

“Vaksinasi anak pelajar dan masyarakat secara door to door dilaksanakan di Kabupaten Banjarnegara. Untuk vaksinasi anak pelajar digelar di Kabupaten Brebes, Pati dan Kota Tegal,” jelasnya.

Menurut Brigjen TNI Sondi, vaksinasi anak atau pelajar usia 6-11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular Covid-19.

Untuk menarik minat anak-anak mengikuti vaksinasi, Binda Jateng dalam beberapa kesempatan mengajak anak-anak bermain sehingga anak-anak tersebut tidak takut saat akan divaksin.

Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng, bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola atau door to door warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi.

“Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin, sehingga mereka dapat tervaksin,” imbuhnya.

Selain itu, Binda Jateng pada hari ini juga menyelenggarakan vaksinasi booster di wilayah Kabupaten Temanggung dan Semarang. Vaksinasi booster merupakan amanat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk melaksanakan vaksinasi booster dengan harapan masyarakat tahan dengan ancaman mutasi Covid-19.

Adapun target vaksin booster adalah masyarakat minimal berumur 18 tahun serta minimal telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya.

Perlu diketahui, bahwa vaksinasi booster diberikan gratis alias tidak dipungut biaya kepada masyarakat. Kepada masyarakat yang telah memenuhi kriteria di atas, dapat mencari informasi ke faskes terdekat untuk mendapatkan vaksin booster.

Binda Jateng telah memulai melaksanakan vaksin sejak Juli 2021 yang dimulai di Kota Semarang dengan target pelajar SMP-SMA dan masyarakat secara door to door. Dalam perjalanannya vaksinasi kami laksananya di seluruh kabupaten/ kota se-Jawa Tengah serta mulai menyasar anak pelajar dan booster.

Dalam beberapa kesempatan, vaksinasi BIN di Jawa Tengah juga dihadiri Presiden RI secara langsung di antaranya pelaksanaan vaksin di Klaten, Sukoharjo dan Cilacap.

“Capaian vaksin yang telah dilaksanakan kami hingga saat ini mencapai sekitar 300.000 dosis vaksin. Ke depan target vaksinasi kami, akan semakin banyak terlebih adanya vaksinasi booster dan anak pelajar usia 6-11 tahun,” tegasnya.

Seluruh upaya vaksinasi yang dilakukan Binda Jateng, agar varian baru Covid-19 tidak menyebar di Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga masyarakat tahan terhadap virus Covid-19 yang terus bermutasi. (T03-red)

BERITA LAINNYA