Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Tegal Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di Desa Sidaharja

SLAWI,smpantura.com- Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan bantuan kepada warga Desa Sidaharja , Kecamatan Suradadi yang terdampak banjir melalui tim relawan setempat, Minggu (13/2).

Didampingi petugas dari Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Tegal, Umi juga menyerahkan bantuan kepada salah satu keluarga di RT23 /RW 09 yang baru saja kehilangan anaknya berusia tujuh tahun akibat terperosok ke selokan air saat bermain di lokasi banjir.

Oleh tim SAR gabungan, korban bernama Mohammad Rafiul Qohar ini ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa di gorong-gorong yang jaraknya 100 meter dari lokasi kejadian.

“Saya, turut berduka dan prihatin atas musibah ini. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua agar lebih waspada dan berhati-hati,” kata Umi usai menemui orang tua korban dalam tinjauan ke lokasi banjir, Minggu (13/2).

Umi juga berkoordinasi dengan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Camat Suradadi dan PMI untuk memberikan bantuan logistik yang dibutuhkan warga.

“Ini kejadiaannya saat hujan deras, sehingga debit air yang tinggi dan masuk mengalir ke sungai tidak tertampung lagi lalu meluap ke permukiman warga. Saat bersamaan, di hulunya juga hujan dan menyebabkan air limpasan Waduk Cacaban masuk ke Sungai Cacaban. Saya sudah koordinasi dengan camat, kepala BPBD dan Dinsos juga PMI untuk segera mengirimkan bantuan logistik ke warga yang membutuhkan,” kata Umi.

Menurutnya, kejadian bencana banjir yang terjadi saat ini bukan hanya di Desa Sidaharja, melainkan juga sejumlah desa lainnya di Kabupaten Tegal, termasuk tanah gerak di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah.

Umi pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta bergotong royong membantu meringankan beban penderitaan warga yang sedang tertimpa musibah bencana alam ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada unsur masyarakat, relawan dan organisasi kemasyarakatan yang sudah terlibat dalam penanganan kejadian bencana di Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohman menyampaikan, banjir di Desa Sidaharja disebabkan meluapnya Sungai Cacaban saat hujan intensitas tinggi pada Jumat (11/2) dan Sabtu (12/2) lalu. Ratusan rumah di wilayah RT 04-17 ,  RW 05, 06, 07 dan 08 terendam banjir dengan ketinggian air berkisar 40 sampai 100 sentimeter. “Ada sekitar 700 sampai 800 rumah yang terdampak banjir,”terang Rohman, Minggu (13/2). (T04-Red)

 

 

 

BERITA LAINNYA