Take a fresh look at your lifestyle.

Wow, Brebes Tetap Bertahan Level 2 PPKM

Wow, Brebes Tetap Bertahan Level 2 PPKM

BREBES, smpantura.com – Meski kasus aktif harian Covid-19 trennya terus bertambah, tetapi Kabupaten Brebes mampu bertahan di status Level 2 perpanjangan PPKM. Hal itu sesuai yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, 3, dan 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Imendagri tersebut, berlaku mulai 22-28 Februari mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes, Djoko Gunawan, yang sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes mengaku, bersyukur karena Brebes mampu bertahan di Level 2 bersama empat daerah lainnya di Jawa Tengah. Sebab, dari total 35 kabupaten kota, ada 30 daerah yang justru naik level berdasarkan evaluasi penanggulangan covid. “Alhamdulilah, meski kasus positif masih bertambah, penanganannya juga terus kita maksimalkan. Termasuk, Tracing, Testing dan Treatment,” ungkapnya.

Menurut dia, mengacu penentuan level PPKM, berpedoman pada sejumlah indikator penyesuaian usaha kesehatan masyarakat. Bahkan, pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di semua ruang publik. Mengingat, kriteria tersebut ditetapkan Menteri Kesehatan, ditambah indikator capaian target vaksinasi dosis dua sesuai standar ketentuan. “Selain fokus 3T dan penanggulangan covid, capaian vaksinasi dosis 2 dan lansia juga terus digenjot. Harapan kami bisa kembali Level 1,” terangnya.

Sesuai Inmendagri tersebut, dari 35 kabupaten kota di Jawa Tengah hanya lima daerah yang bertahan di Level 2. Sedangkan, 30 lainnya naik level menjadi Level 3 dan 4 berdasarkan evaluasi indikator. Yakni, Level 3 meliputi Kabupaten Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Tegal, Sukoharjo, Sragen, Purworejo, Purbalingga, Pemalang, Pati, Magelang, Kudus, Klaten, Kendal, Kebumen, Karanganyar, Banyumas, Banjarnegara, Semarang, Pekalongan, Jepara, Boyolali, Batang, Demak. Selain itu, Kota Semarang, Surakarta, Pekalongan, Salatiga. Selain itu, Level 4 meliputi Kota Tegal dan Magelang. (T07_red)

BERITA LAINNYA