Take a fresh look at your lifestyle.

Tipu Mantan Istri Siri Rp 3 M, Pria Ini Divonis 3 Tahun 6 Bulan

BREBES, smpantura.com  – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Brebes menjatuhkan vonis 3 tahun 6 bulan penjara terhadap M Yusuf Sudarsono (41), dalam perkara kasus penipuan kepada mantan istri sirinya hingga Rp 3 milliar. Vonis itu dibacakan langsung Ketua Majelis Hakim, Tornado Ermawan dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan, Selasa (10/5).

Dalam putusan itu, terdakwa terbukti bersalah melakukan perbuatan tidak pidana pasal 378 KUHP. Yakni, dengan sengaja melakukan kasus penipuan kepada korban Nur Yuliati hingga Rp 3 milliar.

“Vonis majelis hakim 3 tahun 6 bulan kepada terdakwa memang lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama 4 tahun. Kami bersikap atas putusan vonis majelis hakim ini pikir-pikir, kami akan laporkan ke pimpinan untuk selanjutnya seperti apa,” kata Kasi Intel Kajari Brebes, Dwi Raharjanto, kepada wartawan.

Dia mengatakan, kasus penipuan yang dilakukan terdakwa itu, modusnya dengan menawarkan kerjasama bisnis sembako. Sedangkan uang total mencapai Rp 3 milliar di kirimkan korban dengan transfer melalui rekening bank sebanyak dua kali. Pertama, 16 Juli 2020 mentransfer Rp 2.01 milliar ke rekening milik terdakwa. Kedua, 21 Juli 2020, kembali mentransfer uang sebanyak Rp 1 milliar kepada nomor rekening bank milik terdakwa. “Terdakwa ini menawarkan bisnis sembako dengan keuntungan atau royalti sebesar Rp 100 juta yang dijanjikan akan diberikan pada 5 Agustus 2020. Namun janji mengembalikan uang sebanyak Rp 3,10 milliar kepada korban tidak ditepati terdakwa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Terdakwa, Joko Prasetyo mengatakan, berdasarkan vonis Hakim PN Brebes selama 3 tahun 6 bulan penjara kepada kliennya, pihaknya mengajukan banding. “Usai sidang vonis tadi, setelah berkomunikasi dengan klien kami, langsung mengajukan banding. Pertimbangan kami perkara ini perdata. Makanya nanti kita akan sidang lagi di Pengadilan Tinggi Semarang,” katanya saat dihubungi wartawan.

Diketahui, M Yusuf Sudarsono (41) warga Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes, pelaku penipuan hingga miliaran rupiah ditangkap jajaran Satreskrim Polres Brebes. Ia dilaporkan ke pihak berwajib oleh mantan istri sirinya lantaran kasus penipuan. Yusuf ditahan karena melakukan penipuan dan penggelapan uang korban bernama Nur Yuliati (32) warga Gebang Cirebon, Jawa Barat yang semula istri sirinya. Kejadian bermula pada 15 Juli 2020 lalu. Korban Nur Yuliati saat itu tengah pulang cuti dari Taiwan dan singgah di Fave Hotel Cikarang.

Perkenalan mereka diawali melalui media sosial facebook. Pelaku Yusuf Sudarsono kemudian menjemput korban di Fave Hotel Cikarang dan membawanya ke sebuah hotel di Kecamatan Jatibarang, Brebes. Sehari berikutnya, pada 16 Juli 2020, Yusuf meminta uang Rp 2.01 miliar untuk modal bisnis sembako dan hasil bumi. Saat pulang dari Taiwan, korban dimintai uang oleh tersangka untuk modal usaha sembako dan hasil bumi. Uang itu katanya mau dikembalikan pada 5 Agustus 2020. Oleh korban diberikan Rp 2 miliar melalui transfer bank. Korban dijanjikan akan mendapat keuntungan sebesar 10 persen dari bisnis ini.

Selanjutnya, pada 17 Juli 2020, korban bersama tersangka melangsungkan nikah siri di hotel di Kecamatan Jatibarang. Beberapa hari berikutnya pada 21 Juli 2020 tersangka meminta lagi uang sebesar Rp 1 miliar dengan alasan untuk tambahan modal usaha. Uang itu diserahkan melalui transfer. Hingga waktu yang dijanjikan yakni 5 Agustus 2020 uang pinjaman itu tidak dikembalikan. Pasangan nikah siri ini pun memutuskan untuk bercerai. Selanjutnya, Yuliati melaporkan masalah ini ke Mapolres Brebes. (T07_red)

BERITA LAINNYA