Take a fresh look at your lifestyle.

Salat Subuh Berjamaah di Musala Daarul Ilmi Kluwut Dapat Hadiah

BREBES, smpantura.com – Pengurus Musala Daarul Ilmi, Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, memiliki cara unik untuk mengajak masyarakat, khususnya anak-anak melakukan salat subuh secara berjamaah.

Dalam rangka menarik jemaah salat subuh, pengurus musala yang berada di belakang TK Aisyiyah Kluwut, Brebes, menyelenggarakan salat subuh berjamaah berhadiah.

Wakil Ketua Pengurus Musholla Daarul Ilmi, Nurrohman menerangkan bahwa program tersebut diperuntukkan bagi anak usia sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Program ini berjalan sejak bulan Mei dan berakhir pada Juni 2022. Hadiah yang kami berikan yakni satu unit sepeda MTB, satu unit sepeda BMX dan satu unit sepeda lipat,” ujar Nurrohman seperti siaran pers yang diterima smpantura.com, Senin (4/7).

Diketahui, program tersebut diikuti sebanyak 22 anak usia SD hingga SMP. Adapun penilaian yang dilakukan meliputi, salat subuh berjamaah tepat waktu, salah sunah fajar, hafalan Al-Qur’an dan membaca Al-Qur’an dengan tartil.

Sementara, Ketua Pengurus Musala Daarul Ilmi, H Budi Sutiono menambahkan, program salat subuh berhadiah digagas untuk melatih dan menumbuhkan semangat mendatangi musala di waktu subuh bagi anak-anak.

Setelah dilakukan selama sebulan penuh, keluar sebagai pemenang pertama yakni Budi Santoso, pemenang kedua Abbas dan pemenang ketiga Sherlina. Bagi peserta lain, memperoleh hadiah berupa meja belajar dan perlengkapan alat tulis.

“Selain memberikan hadiah bagi pemenang, kami juga menyelanggarakan khitan gratis bagi para peserta yang belum berkhitan. Mereka dikhitankan di Khitan Center Brebes milik dr Ardi,” pungkasnya.

Sederet program yang digelar Musala Daarul Ilmi mendatangkan tanggapan positif dari masyarakat sekitar dan diapresisasi sejumlah tokoh masyarakat Kluwut. Salah satunya Ahmad Mustaqiem yang menilai program tersebut menjadi inovasi tersendiri pagi pengurus musalah dan dapat ditiru musala lain.

Menyikapi hal itu, Ketua Pengurus Musala Daarul Ilmi, H Budi beserta jajarannya menyatakan siap untuk terus menyelenggarakan program-program lain yang lebih menarik, selain yang telah berjalan secara rutin seperti sarapan dan minum teh berjamaah.

“Kami siap untuk melanjutkan hal-hal yang sekiranya membuat masyarakat sekitar antusias, gembira untuk mendatangi musala guna melaksanakan salat berjamaah, mengikuti kajian dan bersilaturrahmi, terutama di waktu subuh,” bebernya. (T03-red)

BERITA LAINNYA