Take a fresh look at your lifestyle.

Reses DPRD Brebes, Kebutuhan Infrastruktur Masih Jadi Usulan Prioritas Warga

BREBES, smpantura.com – Anggota DPRD Kabupaten Brebes, melaksanakan reses masa sidang I tahun 2022. Dari kegiatan selama dua hari itu, kebutuhan infrastruktur masih menjadi usulan prioritas warga kepada wakil rakyatnya. Di antaranya, perbaikan jalan, drainase, normalisasi saluran, perbaikan fasilitas pendidikan hingga jambanisasi.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Brebes, Mashadi misalnya, melaksanakan reses di Desa Kaliwlingi dan Pagejugan, Kecamatan Brebes. Hasilnya, masyarakat mayoritas mengusulkan kebutuhan infrastruktur, baik pembangunan jalan usaha tani, saluran pertanian hingga perbaikan gedung madrasah dan musala. “Kemarin, kami reses ya memang masyarakat mayoritas mengusulkan terkait infrastruktur. Selain infrastruktur pertanian, warga juga mengusulkan perbaikan madrasah, musala, termasuk fasilitas pendukungnya,” ungkap anggota DPRD dari Dapil Brebes I ini, Rabu (23/2).

Anggota Fraksi PKB DPRD Brebes, Haryanto mengungkapkan, dari reses di Kecamatan Bulakamba, masyarakat mayoritas mengusulkan terkait perbaikan jalan. Mengingat kondisi jalan Dapil Brebes VI masih banyak yang rusak. Di antaranya, di ruas jalan Slatri, Klampok, dan Sitanggal. “Usulan masyarakat kami, masih seputar perbaikan jalan, karena memang kondisinya masih banyak yang rusak dan harus ditangani. Dalam reses ini, kami juga memanfaatkan untuk vaksinasi Covid-19 bersama Polres Brebes, di Desa Kluwut. Ada 1.000 warga sasaran yang kami vaksinasi,” ungkapnya.

Senada dikatakan Anggota DPRD Brebes dari Dapil V, Tobidin. Menurutnya, hasil resesnya di Desa Prapag Lor, Kecamatan Losari, masyarakat masih memprioritaskan kebutuhan infrastruktur. Di Desa Prapag Lor yang mayoritas masyarakatnya nelayan, usulan infrastruktur yang disampaikan menyangkut kebutuhan nelayan. Di antaranya, drainase, penerangan jalan umum, perbaikan jalan penghubung tambak dan normalisasi. Ada juga usulan terkait bantuan bagi kelompok nelayan. “Reses ini sudah menjadi kewajiban wakil rakyat kepada konstituen untuk menyerap aspirasi. Melalui ini, kami akan tahu skala prioritas yang sesungguhnya dibutuhkan masyarakat. Ini juga sebagai solusi untuk membangun kebersamaan terkait fungsi dan tugas DPRD,” jelas anggota Fraksi PAN-Demokrat DPRD Brebes ini.

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes dari Dapil III, Heri Fitriansyah mengatakan, hasil resesnya masyarakat memang masih fokus pada kebutuhan infrastruktur. Apalagi di dapilnya beberapa desa masuk dalam desa miskin ekstrim, sehingga usulan infrastruktur mayoritas terkait pengentasan kemiskinan, seperti jambanisasi. Selain itu, ada juga jalan lingkungan, jembatan, dan perbaikan beberapa sekolah yang tidak terkaver Dana Alokasi Khusus (DAK). “Secara umum masyarakat masih memprioritaskan usulan infrastruktur. Ini karena dana desa saat ini terfokus untuk program penanganan dampak pandemi Covid-19, seperti bantuan langsung tunai. Tentunya akan kami perjuangkan semua usulan ini,” pungkasnya. (T07_red)

BERITA LAINNYA