Take a fresh look at your lifestyle.

Polres Brebes Musnahkan 1.178 Knalpot Brong Hasil Razia Sebulan

BREBES, smpantura.com – Sebanyak 1.178 buah knalpot brong hasil razia jajaran Polres Brebes, selama sebulan terakhir dimusnahkan, Rabu (23/2/2022). Proses pemusnahan barang bukti knalpot yang mengeluarkan suara bising dan tidak sesuai spesifikasi pabrik itu, dilaksanakan di halaman Mapolres Brebes, dipimpin Kapolres AKBP Faisal Febrianto.

Pemusnahan knalpot brong tersebut disaksikan langsung Bupati Brebes Idza Priyanti, Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi, Dandim 0713 Brebes Letkol Arm Moh Haikal Sofyan dan Kepala Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan. Pemusnahan barang bukti itu dilakukan dengan memotong knalpot dengan gergaji mesin hingga menjadi beberapa bagian.

“Hari ini, kami musnahkan sebanyak 1.178 knalpot yang tidak sesuai aturan karena mengeluarkan bunyi bising. Ini merupakan hasil razia yang digencarkan Polres Brebes selama satu bulan terakhir,” tandas Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto.

Dia mengatakan, ribuan knalpot brong tersebut merupakan hasil razia yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Brebes, dan itu akan terus pihaknya gencarkan. Bahkan, sasarannya tidak hanya sebatas kepada sepeda motor, tetapi juga mobil yang knalpotnya tidak sesuai standar. Akibat penggunaan knalpot yang tidak standar itu, menyebabkan polusi suara. Di sisi lain, penggunaannya juga sudah sangat meresahkan masyarakat. “Razia ini akan terus berlanjut, sampai polusi suara yang disebabkan oleh knalpot brong menjadi tertib, sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Menurut dia, pemakaian knalpot brong itu telah melanggar pasal 285 ayat 1 Undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kemudian, melanggar pasal 106 jo 48 KUHP. Bagi para pelanggarnya, dijatuhi sanksi denda tilang sebesar Rp 250.000 atau denda kurungan selama 1 bulan. “Selain itu, knalpotnya juga kami sita untuk dimusnahkan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Pemkab Brebes sangat mendukung langkah Polres Brebes yang gencar menertibkan pemakaian knalpot tidak sesuai standar pabrik tersebut. Sebab, pemakaiannya jelas dirasakan sangat mengganggu terhadap kenyamanan masyarakat lainnya. Untuk itu, diharapkan masyarakat Brebes patuh dan tidak lagi menggunakan knalpot brong tersebut. “Harapan kami, masyarakat tidak menggunakan knalpot ini, tetapi memakai knalpot standar,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Brebes, Teguh Wahid Turmudi menambahkan, lembaga DPRD mengapresiasi upaya yang dilaksanakan jajaran Polres Brebes tersebut. “Upaya ini tentu harus didukung semua pihak. Kepada para orang tua yang anaknya suka memodifikasi sepeda motor juga kami minta sama-sama mengingatkan,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA