Take a fresh look at your lifestyle.

Pasok Air 6 Kecamatan di Brebes, Jaringan Bendungan Kuningan Mulai Digarap

BREBES, smpantura.com – Jaringan instalasi air yang bersumber dari Bendungan Kuningan kini mulai digarap, untuk memasok kebutuhan air di enam kecamatan di Kabupaten Brebes. Pasokan air itu dikelola Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, dengan menyiapkan sebanyak 16.000 Sambungan Rumah (SR)

Pemanfaatan Bendungan Kuningan tersebut, sebagai tidak lanjut dari kerjasama antara Kabupaten Brebes dan Kabupaten Kuningan, yang tergabung dalam Kunci Bersama.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, Agus Isyono didampingi Direktur Umum Akhmad Zaeni menjelaskan, kerjasama pemanfaatan air dari Bendung Kuningan itu sudah dirintis sejak lama. Progres tahun ini adalah pembangunan intake atau jaringan dari Bendung Kuningan hingga Desa Penanggapan, Kecamatan Banjarharjo yang menjadi titik Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Perumda Tirta Baribis.

“Dari kerjasama ini, kami mendapat pasokan debit sebanyak 200 liter per detik, yang bisa untuk melayani sebanyak 16.000 SR,” terangnya.

Menurut dia, dari sebanyak 16.000 SR tersebut dipersiapkan untuk masyarakat yang tersebar di 6 kecamatan. Yakni, Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Bulakamba, Tanjung dan Losari. “Kami bersama Sekda Brebes dan beberapa pejabat terkait lainnya, awal bulan lalu mengecek langsung ke Bendungan Kuningan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sesuai perencanaan, setelah pembangunan Intake itu selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Penanggapan tahun 2023. Kemudian, tahun 2024 dilaksanakan pembangunan jaringan transmisi dari IPA ke wilayah layanan di 6 kecamatan. “Di tahun 2025, program ini kami targetkan sudah bis dioperasionalkan,” tandasnya.

Dia menambahkan, jika program bisa terwujud, maka pelayanan Tirta Baribis bisa mencapai lebih 10% dari layanan teknis. “Saat ini layanan kami baru 6,8 % layanan teknis,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA