Take a fresh look at your lifestyle.

Paramitha; Pers dan Pelaku Seni Harus Bersinergi Jaga Kelestarian Seni Budaya Brebes

BREBES, smpantura.com – Keberadaan pers dan pelaku seni di Kabupaten Brebes harus mempunyai sinergitas, untuk bersama-sama menjaga kelestarian kekayaan seni budaya yang dimiliki Kota Bawang. Hal ini ditegaskan Anggota DPR RI asal Kabupaten Brebes, Paramitha Widya Kusuma, usai sarasehan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, yang bertajuk Pers Dalam Pusaran Tradisi dan Budaya Brebes, Kamis malam (24/2/2022).

Sarasehan HPN yang diprakarsai Paramitha Widya Kusuma itu, dilaksanakan di Salma Resort Guci, Kabupaten Tegal. Sebanyak tiga pembicara dihadirkan dalam acara ini. Yakni, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma, Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Djoko Gunawan dan Budayawan Brebes Wijanarto. Selain para wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Brebes, kegiatan juga diikuti para pegiat seni budaya di Kota Bawang, Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes Indra Kusuma, Anggota Fraksi PDIP DPRD Brebes, dan kader partai PDIP Brebes.

Paramitha menegaskan, pers dengan budaya harus mempunyai sinergitas. Artinya, Brebes yang mempunyai keanekaragaman budaya dengan keunikannya, tentu harus dijaga kelestariannya. Keberadaan pers dibutuhkan dalam upaya menjaga kelestarian budaya melalui sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, kedepannya tidak ada daerah atau negara lain yang bisa mengeklaim budaya dan kesenian asli Brebes. “Selain itu, kami berharap adanya sinergitas ini, pers juga bisa mengangkat budaya dan kesenian asli Brebes agar lebih dikenal masyarakat,” jelas anggota Fraksi PDIP DPR RI ini.

Menurut dia, peran pers selama ini dirasakan cukup membantu tugas dirinya selaku anggota DPR RI. Melalui tangan-tangan jurnalis ini, masyarakat menjadi tahu kinerja wakil rakyat. Termasuk, kegiatan-kegiatannya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, baik itu saat memberikan bantuan atau kegiatan turun ke lapangan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. “Sinergitas antara pers dengan saya selaku anggota DPR RI luar biasa. Menurut saya bagus, dan cukup membantu kinerja saya selaku wakil rakyat ini. Sinergitas yang terjalin baik ini, tentu harus tetap dijaga,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia berharap, keberadaan pers khususnya di Brebes, ke depan semoga selalu menjadi andalan masyarakat, dalam memberikan kritikan membangun bagi kemajuan daerah. Selain itu, tetap memberitakan berita-berita yang mempunyai integritas, aktual dan terpercaya. Tak kalah penting lagi, pers tidak menyajikan berita tanpa data. “Sejauh ini saya menilai teman-teman pers di Brebes sudah menyuguhkan berita yang aktual dan sesuai fakta,” pungkasnya. (T07_red)

BERITA LAINNYA