Take a fresh look at your lifestyle.

Cek Program BSPS, Paramitha Disambut Tangis Bahagia Penerima Manfaat

BREBES, smpantura.com – Untung Slamet (42), tak kuasa menahan syukur dan bahagia, setelah rumah reyotnya kini direhab melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari aspirasi Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma. Tangis bahagia warga Desa Dukuhturi Kecamatan Ketanggungan, Brebes ini memuncak, takala melihat sosok wanita yang telah mengubah hidup keluarganya ini.

Untung pun langsung memeluk Paramitha Widya Kusuma, saat mengecek program BSPS di Desa Dukuhturi, Ketanggungan, Sabtu (14/5/2022). Termasuk, di rumah keluarga Untung yang berada di RT 5/RW 3 Desa Dukuhturi, Kecamatan Ketanggungan.

“Sebelum dapat bantuan rehab dan dibangun, rumah ini tidak layak. Kalau hujan sering bocor karena banyak atap yang bolong,” tutur Untung Slamet.

Untung dan kedua anaknya, kini bisa menempati rumah kayak. Bangunan rumah yang sebelumnya mereka tempati terbuat dari bambu yang nyaris roboh kini sudah berdinding tembok. Ia merupakan janda yang ditinggal pergi suaminya, Samroni, sejak 10 tahun lalu. Dia tinggal bersama dua anaknya yakni Nur Oktaviani Sari (18) dan Muhammad Rizki (10).

Rumah berbahan bambu berukuran 5×6 meter yang merupakan warisan dari orang tuanya, Tasmi dan Sahidi, kini tinggal kenangan. Lantai rumah yang semula berupa tanah kini berubah menjadi lantai semen.

Sementara itu, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma mengatakan, sebanyak 1.300 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Brebes, menerima bantuan rehab, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di tahun 2022.

“Termasuk rumah milik Ibu Untung yang saat ini sudah layak untuk ditinggali,” katanya usai mengecek bangunan rumah Untung.

Lebih lanjut dia mengatakan, bantuan senilai total Rp 26 miliar ini berasal dari aspirasinya selaku anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX. Di tahun 2020 lalu, pihaknya juga mengucurkan aspirasinya bagi rehab sebanyak 50 RTLH di Brebes. Kemudian, di tahun 2021 juga disalurkan bantuan rehab bagi 200 RTLH.

Dalam program BSPS tahun ini, lanjut dia, sasarannya 1.300 RTLH, yang tersebar pada 28 desa di 9 kecamatan di Kabupaten Brebes. Untuk Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Banjarharjo, Tanjung, Losari, Bulakamba, Songgom, Brebes dan Wanasari. Penyaluran program BSPS itu terbagi dalam tiga tahap hingga akhir tahun nanti. Untuk penyaluran kali ini l, masuk dalam tahap pertama dengan sasaran sebanyak 974 RTLH. Sedangkan sisanya, disalurkan pada tahap dua dan tiga.

“Setiap warga penerima manfaat BSPS ini mendapatkan bantuan Rp 20 juta, yang berupa material dan biaya untuk tukang. Nilai bantuan itu memang dinilai kurang, sehingga sesuai nama programnya kami berharap dari para penerima ini tumbuh swadaya,” pungkasnya. (T07_red)

BERITA LAINNYA