Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Brebes Sidak TPA Kaliwlingi, Buntut Protes Pekerja Sampah

BREBES, smpantura.com – Buntut protes para pekerja sampah, yang mengeluhkan pengolahan sampah dan fasilitas yang tersedia, Bupati Brebes Idza Priyanti melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kaliwlingi, di Kecamatan Brebes, Minggu (3/7/2022).

Sehari sebelumnya, Sabtu (2/7/2022), Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, juga mendatangkan 2 unit alat berat ke TPA Kaliwlingi, untuk mengatasi tumpukan sampah yang menggunung.

Bupati Brebes, sidak bersama sejumlah pejabat terkait, dan melihat langsung kondisi tumpukan sampah yang masih menggunung.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengungkapkan, selain saat ini tengah dilakukan pembenahan di dalam TPA. Pemerintah juga akan melakukan perluasan di sekitar TPA dikarenakan masih ada lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk membuang sampah.

“Masih ada lahan seluas 1,5 hektar lagi yang bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah sehingga tidak menumpuk sampah didepan TPA,” katanya.

Sementara itu, Kepala DLHPS Kabupaten Brebes Laode Vindar Aris Nugroho menjelaskan, dua unit eskavator sejak didatangkan ke TPA, terus membenahinya tumpukan sampah yang ada di dekat gerbang pintu masuk, untuk diangkut ke dalam lokasi TPA.

“Alat berat yang didatangkan, terus melakukan pembersihan sampah didekat gerbang guna melakukan pembenahan. Harapannya nanti bisa mempermudah angkutan sampah seperti truk dan tosa pengangkut sampah yang masuk ke dalam TPA,” ujar Laode.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes, Sutaryono yang mendampingi Bupati ke TPA Kaliwlingi menjelaskan pihaknya akan melakukan perbaikan jalan yang menjadi akses masuk menuju TPA.

“Untuk memenuhi syarat perbaikan jalan seperti apa, nantinya kita pikirkan karena perbaikan jalan tidak terlepas dari biaya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, paguyuban pengemudi sampah TPA Kaliwlingi mengancam akan melakukan aksi demo dengan mengangkut sampah ke Kantor Bupati Brebes jika tuntutannya tidak dipenuhi oleh pemerintah untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk didekat pintu gerbang TPA dan akses jalan rusak yang tidak diperbaiki dari mulai lapak bawang hingga TPA. (T07_red)

BERITA LAINNYA