Take a fresh look at your lifestyle.

Akses Menuju Wisata Kebun Teh Kaligua Tertutup Longsor

BREBES, smpantura.com – Akses jalan utama menuju obyek wisata Kebun Teh Kaligua dan Telaga Ranjeng, di Desa Cipetung, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis sore (17/2/2022), tertutup tanah longsor. Akibatnya, jalur transportasi sempat terputus.

Bencana tanah longsor terjadi di wilayah itu, menyusul hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam. Tebing setinggi 15 meter di sisi jalan, mendadak longsor, dan longsoran materialnya menutupi seluruh ruas jalan, hingga tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan.

“Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 25 meter, mendadak longsor. Akibatnya akses jalan menuju Kaligua tertutup material batu dan lumpur,” kata Kapolsek Paguyangan, AKP Kasam.

Untuk mengatasi lumpuhnya akses jalan, kata dia, malam ini petugas gabungan TNI-Polri, tim SAR bersama warga terus berupaya menyingkirkan material longsoran. Bahkan, pembersihan dilakukan dengan menerjunkan alat berat. “Sebentar lagi, material longsor sudah bisa disingkirkan. Sehingga jalan akan bisa dilalui kendaraan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, di jalan utama menuju Kaligua itu, ada beberapa titik tebing, yang sewaktu-waktu bisa longsor. Untuk itu, warga dihimbau untuk lebih berhati-hati saat melintasi, apalagi disaat hujan turun “Kami telah berkoordinasi dengan pihak Perhutani agar bisa membantu dan memperbolehkan tebing di pinggir jalan dikepras guna melebarkan jalan sehingga bisa lalui kendaraan,” pungkasnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA