Take a fresh look at your lifestyle.

Bobol Gudang Besi, Sopir Angkot Diringkus Polisi

- Dua Pelaku Masih Buron

BREBES, smpantura.com – Samsudin bin Atmo (40) seorang sopir angkutan kota (Angkot) jurusan Ketanggungan (Brebes) – Ciledug (Cirebon), diringkus jajaran Polres Brebes dan menjebloskannya ke penjara, kemarin. Pria warga Desa Ketanggungan, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah ini, ditangkap karena membobol gudang toko besi di Jalan Jenderal Sudirman Ketanggungan, Brebes.

Dari aksinya itu, pelaku berhasil menggasak 22 barang besi untuk cor. Sementara dua pelaku lainnya hingga kini masih buron, dan dalam pengejaran polisi.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto melalui Wakapolres Brebes Kompol Arwansa mengatakan, aksi pencurian ini terjadi pada 24 Januari 2022 lalu. Kejadian ini diketahui korban sekitar pukul 10.00, yang mendapati rantai pengikat pintu gerbang gudang beserta kunci gemboknya hilang. Saat mengecek ke dalam gudang, mendapati besi cor banyak yang hilang. Korban kemudian mendapat informasi jika ada kendaraan roda tiga warna merah yang sering keluar gudang saat menjelang subuh. “Korban ini kemudian meminta beberapa orang karyawannya lalu untuk menjaga gudang, agar kejadian ini tidak terulang,” ujarnya saat rilis ungkap kasus di Mapolres Brebes, Kamis (17/2/2022).

Lebih lanjut Arwansa mengungkapkan, lima hari kemudian, tepatnya pada 29 Januari 2022, sekitar pukul 01.30, karyawan yang diminta menjaga gudang melihat kendaraan roda tiga berhenti dengan mesin, dan lampu dimatikan. Dari kendaraan itu, salah seorang pelaku turun membuka pintu gerbang yang tidak dikunci, dan satu pelaku lainnya mendorong kendaraan yang masih dinaiki satu pelaku lagi masuk ke gudang. Mereka kemudian mengambil besi cor. “Saat itu, sejumlah karyawan dan warga yang menjaga gudang ini menggerebek, dan berhasil menangkap seorang pelaku. Sedang dua pelaku lainnya berhasil kabur,” jelasnya.

Selain satu pelaku, kata dia, diamankan juga 22 batang besi yang dicuri, dan sebuah motor roda tiga yang dipakai untuk mengangkut besi curian ini. “Saat ini kami masih mengembangkan kasusnya, termasuk mengejar dua pelaku lain. Kami sudah mengantongi identitas dua pelaku lainnya ini. Akibat perbuatanya, pelaku ini kami jerat pasal 363 KUHP, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” terangnya.

Sementara itu, Samsudin di depan polisi mengaku, aksinya dilakukan bersama dua orang temannya. Namun nahan, saat beraksi dirinya ditangkap warga, bahkan sempat di massa. “Niatnya besi yang dicuri ini mau dijual borongan, tapi saya ditangkap warga,” tuturnya. (T07-red)

BERITA LAINNYA