Take a fresh look at your lifestyle.

Berhasil Budidayakan Ikan, Karang Taruna Bojong Juara 3 Jateng

SLAWI – Budidaya ikan air tawar mengantarkan Karang Taruna T-Top dari Desa Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, berhasil meraih juara ketiga bidang kreatifitas dan pemberdayaan pemuda-pemudi tingkat Provinsi Jateng. Prestasi itu diumumkan sekaligus penyeraham hadiah pada Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah yang ke 69 di Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Kamis (15/8).

Capaian ini memperbaiki raihan Kabupaten Tegal di tahun 2018 yang hanya berhasil meraih posisi kelima. Saat itu, Kabupaten Tegal diwakili oleh Karang Taruna Dharma Kusuma asal Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang.

Dalam Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Jateng, Karang Taruna T-Top harus bersaing ketat dengan wakil dari 34 kabupaten/kota lainnya di Jateng. Hal tersebut tentu saja tidak mudah, apalagi proses seleksi tersebut terbilang cukup panjang. Dari mulai penilaian kelengkapan administrasi pada bulan Februari 2019, presentasi orientasi dan seleksi pada tanggal 17 dan 18 Juni 2019, hingga tahapan terakhir kunjungan langsung dari tim penilai pada tanggal 27 Juni 2019.

“Alhamdulillah semua tahapan penilaian dapat kami lalui dengan baik, dan hasilnya tidak mengecewakan. Walaupun tidak sampai menjadi juara pertama, setidaknya kami dapat menunjukkan bahwa pemuda-pemudi Kabupaten Tegal tidak kalah kreatif dan tekun dari pemuda-pemudi daerah lainnya, serta yang paling penting karya kami dapat memberikan manfaat sosial untuk masyarakat sekitar,” kata Ketua Karang Taruna T-Top Desa Bojong, Sugeng Ari Supriyadi, kemarin.

Dikatakan, Karang Taruna T-Top Desa Bojong berhasil menyabet gelar juara ketiga setelah karyanya yaitu program pembudidayaan ikan dinilai cukup kreatif dan dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat sekitar. Hasil budidaya ikan Karang Taruna T-Top Desa Bojong tidak hanya dimanfaatkan oleh anggotanya sendiri, tetapi diputar untuk membiayai kegiatan-kegiatan sosial di Desa Bojong. Dalam babak tiga besar, Karang Taruna T-Top Desa Bojong yang menjadi perwakilan dari Kabupaten Tegal bersaing dengan Karang Taruna Tunjung Seto dari Kabupaten Kudus dan Karang Taruna Bhakti Karya dari Kabupaten Karanganyar. Setelah dilakukan penilaian, Karang Taruna Bhakti Karya meraih juara pertama dengan nilai 705, Karang Taruna Tunjung Seto meraih juara kedua dengan nilai 675, sedangkan Karang Taruna T-Top Desa Bojong meraih juara ketiga dengan nilai 625. Atas prestasi yang diraih organisasinya, Ari juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung organisasinya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tegal, Dinsos Kabupaten Tegal, Karang Taruna Kabupaten Tegal, dan Karang Taruna Kecamatan Bojong yang telah membina kami selama ini. Tak lupa, kepada Pemdes Bojong, pengurus dan anggota Karang Taruna serta masyarakat Desa Bojong. Prestasi ini bukan hanya milik kami namun milik kita semuanya” jelasnya. (Wiwit/red05)

BERITA LAINNYA