Take a fresh look at your lifestyle.

Anggota DPRD Brebes Soroti Bikin KK Hingga 2 Minggu

- Disdukcapil Diminta Belajar dari Daerah Lain

BREBES, smpantura.com – Lamanya proses pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Brebes, bahkan hingga sampai 2 minggu, mendapat sorotan anggota DPRD Brebes. Sebab, lamanya pembuatan KK ini akan menyusahkan masyarakat.

“Saya mendapat laporan dari masyarakat, jika untuk pengurusan Adminduk (administrasi kependudukkan-red) khususnya KK membutuhkan waktu lama. Biasanya bisa dicetak di Kecamatan masing-masing, tapi karena jaringan lokal internet eror harus ke kantor Disdukcapil,” ujar Anggota Fraksi PDIP DPRD Brebes, Sukirso, usai mengikuti Rapat Paripurna di Gedung Dewan setempat, Kamis sore (03/1).

Atas pelayanan itu, Wakil rakyat asal Kecamatan Salem ini, mempertanyakan kinerja pelayanan publik Adminduk terutama di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Brebes. Jika dalam pelayanan publik, terutama Adminduk yang berlarut-larut, membuat masyarakat kebingungan hingga menghambat aktifitas masyarakat.

“Jangan sampai sistem yang baik berubah menjadi tidak baik. Kami minta pihak terkait (Disdukcapil-red) segera melakukan perbaikan sistem internet dalam Adminduk. Kalau masyarakat harus datang ke Disdukcapil, saya kira ini merepotkan, khususnya masyarakat yang di wilayah Brebes selatan,” ungkapnya.

Menurut dia, Disdukcapil Brebes bisa belajar dari daerah lain yang sistem pembuatan KK cukup dengan barcode, dan bisa langsung jadi saat itu juga,

“Saya meminta Disdukcapil Brebes bisa belajar dari kota lain, yang proses pembuatan KK tidak memerlukan waktu yang lama. Kasihan masyarakat jika pelayanannya masih seperti ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo, sebelumnya telah menjamin, jika mulai bulan Februari ini, pelayanan pembuatan KK sudah kembali normal. Ini karena beberapa kendala sudah teratasi. (T07-red)

BERITA LAINNYA