Take a fresh look at your lifestyle.

Ada Kirab Budaya, Pagi Ini Jalur Pantura Kota Brebes Dialihkan

BREBES – Pemkab Brebes bakal menggelar kirab budaya, pada puncak peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes, Sabtu pagi ini (18/1/). Terkait adanya kegiatan itu, arus lalu lintas di Jalur Pantura Kota Brebes dialihkan. Rekayasa lalu lintas itu diterapkan untuk memperlancar arus kendaraan karena kirab budaya akan melalui Jalur Pantura.

Rencananya, kirab budaya akan di sekitar pukul 09.00, dengan start dari DPRD Brebes yang terletak di Jalan Gaja Mada, sampai Alun-alun Brebes. Selain itu, juga digelar bazar kuliner, UMKM dan usaha lainnya di Alun-alun Brebes. “Iya, kita akan lakukan pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan kirab budaya. Mulai pukul 07.00, pengalihan arus sudah kita terapkan,” kata Kasat Lantas Polres Brebes, AKP M Adimas Purwonegoro, Sabtu (18/1).

Pengalihan arus itu, kata dia, meliputi Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan pantura. Ruas ini akan ditutup karena dilalui rombongan kirab. Selanjutnya arus lalu lintas baik roda dua maupun roda empat dialihkan ke Jalan A Yani. Ruas ituyang sebelumnya satu arah, diberlakukan menjadi dua arah. “Namun bagi anak sekolah, pegawai instansi, maupun warga yang kantor atau rumahnya di Jalan Jenderal Sudirman, tetap bisa melintas,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penutupan jalan akan dilakukan mulai depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes hingga pasar Induk Brebes. Hal itu untuk mengantisipasi antrean peserta kirab yang terlalu banyak. Sehingga, pengalihan arus tersebut juga bersifat situasional. “Jika terjadi kepadatan lalu lintas di jalan Gajah Mada, nantinya untuk kendaraan roda empat atau lebih yang akan ke Jakarta, akan kami alihkan melalui pintu tol Brebes Timur (Brexit),” jelasnya.

Sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih yang akan menuju ke arah timur atau Semarang, sambung dia, akan dialihkan ke pintu tol Brebes Barat. Rekayasa tersebut akan berlaku sampai pelaksanaan kirab budaya selesai.”Masih situasional penerapannya. Jika ada kepadatan lalu lintas di tengah kota, kendaraan roda empat atau lebih akan dialihkan ke jalan tol,” tambahnya.
Adimas menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan yang merasa terganggu dengan adanya pengalihan arus tersebut. Ia meminta agar pengguna jalan memaklumi karena adanya kirab budaya Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA