Take a fresh look at your lifestyle.

Sapi Qurban Presiden Jokowi Asal Jatimulya, Tegal

SLAWI, smpantura.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana qurban hewan sapi di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal pada Idul Adha tahun ini. Sapi qurban itu direncanakan dibeli dari peternak lokal asal Desa Jatimulya, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Berat sapi Ras Ongole itu capai 850 kilogram.

“Sampai Idul Adha beratnya akan terus bertambah,” kata Kades Dermasuci, Mulyanto, Jumat (1/7).

Dikatakan, sapi lokal yang dirawat sejak kecil milik peternak H Heru itu, merupakan sapi lokal Kabupaten Tegal. Sapi itu telah ditinjau tim kepresidenan pada Senin (27/6).

“Kita lihat perkembangannya nanti,” ujar Mulyanto.

Saat berkunjung ke peternakan H Heru, Kades Mulyanto mengaku kagum dengan peternakan itu. Hal itu karena saat masuk peternakan, semua pengunjung disemprot disinfektan dan kandang juga terlihat bersih. Ia memastikan bahwa sapi dan peternakan itu bebas dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Sapi sehat dan layak sebagai hewan qurban,” tegasnya.

Pemilik Peternakan H Heru mengaku, sapi jenis Ongole telah ditinjau dari Dinas Peternakan Provinsi Jateng dan Bagian Kesra Pemprov Jateng. Selain itu, pihaknya juga telah dihubungi tim kepresidenan, namun baru sebatas penawaran.

“Berat 850 kilogram dan harga penawaran 70 ribu perkilogram berat hidup,” ujarnya.

Ditambahkan, hingga kini belum ada kepastian dari tim kepresidenan keputusan pembelian sapi tersebut. Kendati Heru berkeyakinan sapinya akan dibeli, namun belum ada surat resmi dari kepresidenan.

“Kami masih menunggu kepastian dari tim kepresidenan,” pungkasnya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA