Take a fresh look at your lifestyle.

10 Ribu Talenta Digital Dipersiapkan untuk Pengembangan Smart City

SLAWI, smpantura.com – Pemkab Tegal akan menciptakan 10 ribu Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai talenta digital dalam rangka pengembangan smart city (kota pintar). Upaya itu diawali dengan pelatihan Digital Entrepeneurship Academy (DEA) yang diselenggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Dian Slawi, Selasa-Rabu (26-27/1).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono mengatakan, bahwa program DTS 2022 Provinsi Jawa Tengah yang telah diluncurkan pada kesempatan itu, dilanjutkan pelatihan DEA menjadi momentum untuk membangun ekosistem digital yang tangguh. Peserta dalam pelatihan DEA, yakni masyarakat umum yang telah memiliki usaha atau yang akan mendirikan usaha  dan  telah   lolos seleksi  yang berjumlah 100 orang.

“DTS 2022 sudah sejalan dengan misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal yaitu membangun perekonomian rakyat yang kokoh, maju, berkeadilan dan berkelanjutan,” terangnya.

Menurut dia, digitalisasi akan mengintegrasikan berbagai kebutuhan layanan publik dan menyelesaikan permasalahan publik secara efektif, efisien melalui konsep pengembangan smart city. Konsep itu merupakan bagian dari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan.

“Kita harus beradaptasi pada transformasi cepat era ekonomi digital di masyarakat melalui pelatihan pengelolaan keuangan digital,” ujar Joko.

Ditambahkan, Pemkab Tegal telah menjalin kerjasama dengan Badan Penelitian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui nota kesepakatan tentang pengembangan smart city dan kapasitas sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika pada 10 Oktober 2021.

“Kami juga telah deklarasi kerjasama pengembangan talenta digital sebagai pintu masuk untuk mensukseskan program pengembangan kompetensi SDM di Kabupaten Tegal dengan menyiapakan 10 ribu talenta digital,” katanya. (T05-Red)

BERITA LAINNYA