Take a fresh look at your lifestyle.

Pansus Yakin Desember Raperda RTRW Brebes Ditetapkan

117

BREBES – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Brebes, yakin rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) paling lambat ditetapkan pada Desember mendatang. Raperda RTRW yang telah diserahkan Pemkab Brebes kepada DPRD melalui rapat paripurna itu, kini prosesnya dalam pembahasan finalisasi awal oleh Pansus.

“Hari ini kami melakukan pembahasan finalisasi awal untuk Raperda RTRW ini. Kami targetkan dan harus disahkan paling lambat Desember mendatang,” tandas Ketua Pansus RTRW DPRD Kabupaten Brebes, Nasikun HS, Jumat (22/11) usai rapat Pansus di gedung DPRD.

Pada prinsip, jelas dia, Pansus tidak ada persoalan terkait Raperda RTRW tersebut. Pansus juga tidak ingin menghambat iklim investasi yang ada di Brebes. Apalagi jika Raperda RTRW itu sudah ditetapkan menjadi Perda, tentu akan lebih banyak invertor yang menanamkan modalnya di Brebes. Mengingat, saat ini juga sudah banyak investor yang berminat masuk ke Brebes, tetapi mereka masih menunggu adanya kepastian aturan melalui Perda RTRW tersebut. “Untuk itu, kami juga ikut mendorong agar Raperda ini bisa secepatnya ditetapkan, tetapi dalam prosesnya tetap tidak meninggalkan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini Pansus yang diketuainya tengah melaksanakan pembahasan finalisasi awal atas Raperda RTRW. Selanjutnya, pada Senin (25/11), Pansus akan melakukan rapat pembahasan finalisasi akhir. Setelah itu, Raperda akan disampaikan ke Gubernur untuk dilakukan evaluasi. Baru setelah dievaluasi, Raperda dapat ditetapkan sebagai Perda. “Yang jelas, Perda ini harus sudah ditetapkan dalam tahun ini. Kami targetkan pada Desember nanti sudah ditetapkan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah Raperda RTRW ditetapkan, pihaknya berharap Pemkab Brebes harus serius dan tegas. Terhadap permasalahan yang saat ini muncul menyangkut perizinan, secepatnya untuk diselesaikan. Selain itu, apabila ada oknum-oknum yang diduga bermain dalam proses perizinan investor, Pemkab juga harus berani menindak tegas. Apabila tidak ada tindakan tegas, Brebes selamanya tidak akan maju, dan Perda RTRW tidak ada artinya. “Kami minta Pemkab kedepan harus tegas dalam menindak oknum yang diduga bermain dalam proses perizinan investor,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA