Take a fresh look at your lifestyle.

Pansel Tetapkan Tiga Calon Rektor UPS

- Lolos Verifikasi Berkas Persyaratan Administrasi

181

TEGAL – Panitia Seleksi (Pansel), Pendaftaran dan Pemilihan Rektor, akhirnya menetapkan tiga orang bakal calon (Balon) menjadi calon rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

Penetapan dan pengumunan nama-nama calon rektor itu, dilakukan setelah Pansel menggelar rapat pleno pada Jumat (24/1).

Rapat dipimpin langsung Ketua Pansel Dr Ahmad Hanfan SE MM, dan dihadiri sekretaris dengan lima anggotanya.

”Jadi setelah tiga tim Pansel berkunjung ke tiga balon rektor yang sudah mendaftar dan mengirimkan berkas persyaratannya, kami menggelar rapat pleno untuk mengetahui hasil verifikasi berkas persyaratan administrasi,” ucap dia didampingi Sekretaris Pansel Dr Dewi Indriasih SE MM.

Tiga calon rektor UPS Tegal adalah, Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, Prof Dr Fakhrudin MPd.

Sebelum bertugas di perguruan tinggi negeri itu, dia tercatat pernah menjadi tenaga mengajar di FKIP UPS Tegal.

Kemudian, pakar ekomomi yang pernah menjabat Kaprodi Manajemen FE Universitas Negeri Jakarta, Dr Mohamad Rizan SE MM.

Pendaftar ketiga adalah Dr Agus Sahri ATD MT. Dia merupakan dosen di Politeknik Keselamatan Jalan dan Transportasi (PKJT) atau Poltran Tegal.

Sementara itu, hasil verifikasi yang disampaikan tiga tim, pada intinya berkas persyaratan yang dikirimkan tiga balon telah memenuhi syarat. Karena masing-masing balon, dapat menunjukkan berkas aslinya dihadapan tim.

Meski telah menerima dan melihat langsung berkas asli untuk persyaratan, tim pansel juga melakukan pengecekan silang (crosscheck) ke pihak yang mengeluarkan dokumen persyaratan. Mulai dari ijazah S1, S2 hingga S3 dan gelar profesor yang diterima balon.

”Hasilnya, semuanya tak ada masalah. Sudah sesuai persyaratan. Jadi langsung digelar pleno untuk menentukan balon menjadi calon rektor. Kami bekerja cepat dan taktis sesuai tahapan yang sudah terjadwalkan,” ucap dia.

Dari PTN

Perlu diketahui, esuai berkas yang diterima Pansel, semua pendaftar balon rektor perguruan tinggi itu, berasal dari perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Satu bergelar profesor doktor, dua lainnya doktor atau berpendidikan S3.

Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Dr Imawan Sugiharto SH MH, sangat senang dengan kualitas pendaftar rektor perguruan tinggi yang dikelolanya.

Dia berharap, kelak rektor yang akan memimpin UPS Tegal periode 2020-2024, sesuai dengan harapannya dan civitas akademika kampusnya.

Ketua Pansel menambahkan, setelah pengumunan calon rektor yang akan digelar uji kompetensi para calon. Kemudian dilakukan masukan dari civitas akademika terhadap calon tersebut.

Pansel selanjutnya menggelar klarifikasi atas masukan dari civitas akademika terhadap kandidat calon. ”Ini bila ada masukan yang perlu dilakukan klarifikasi. Kalau tidak ada yang akan langsung ke tahapan berikutnya,” tandas dia.

Tahapan berikutknya adalah, penyampaian visi, misi dan program calon rektor dihadapan Senat UPS Tegal. Kemudian dilakukan pemilihan, dan rektor yang dipilih senat universitas, diserahkan pansel ke YPP.

Kemudian yayasan menggelar rapat pleno berkait kemunculan hasil rektor terpilih. ”Setelah yayasan menggelar rapat pleno tertutup, baru akan dilakukan pengumuman penetapan Rektor UPS Tegal Terpilih Periode 2020-2024. Sesuai jadwal, pengumunan ini dilakukan pada 17 Februari. Sedangkan pelantikan, jika tak ada perubahan, direncanakan pada 22 Februari,” terang dia Dr Ahmad Hanfan SE MM.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA