Take a fresh look at your lifestyle.

Pansel Datangi Tiga Balon Rektor UPS

181

* Cek Keaslian dan Verifikasi Berkas Administrasi

TEGAL – Panitia Seleksi (Pansel), Pendaftaran dan Pemilihan Rektor, mulai Senin (20/1) hingga Rabu (22/1), berencana mendatangi tiga bakal calon (Balon) Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

Menurut Ketua Pansel Dr Ahmad Hanfan SE MM, hal itu setelah pihaknya menerima kelengkapan berkas administrasi persyaratan pendaftaran yang dikirimkan melalui e-mail di panlih-rektor@upstegal.ac.id.

”Sampai batas waktu melengkapi berkas pada Kamis (16/1) lalu, tiga balon rektor yang mendaftar berkasnya sudah lengkap. Panitia kemudian akan mengecek keaslian berkas seperti ijazah, KTP dan sejumlah berkas yang berkait dengan persyaratan khusus dan umum,” terang dia.

Dia menambahkan, untuk tiga balon yang mendaftar sampai Selasa (7/1), ada tiga orang. Semuanya dari perguruan tinggi negeri. Dua bergelar doktor dan satu bergelar profesor doktor.

Ketiganga adalah, mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, Prof Dr Fakhrudin MPd. Sebelum bertugas di perguruan tinggi negeri itu, dia tercatat pernah menjadi tenaga mengajar di FKIP UPS Tegal.

Kemudian, pakar ekomomi yang pernah menjabat Kaprodi Manajemen FE Universitas Negeri Jakarta, Dr Mohamad Rizan SE MM. Pendaftar ketiga adalah Dr Agus Sahri ATD MT. Dia merupakan dosen di Politeknik Keselamatan Jalan dan Transportasi (PKJT) atau Poltran Tegal.

Tiga Tim

Untuk mengecek keaslian berkas dan verifikasi berkas administrasi terhadap tiga balon rektor, pihaknya membagi tiga tim. Tim itu akan mendatangi tiga balon di tiga kota. Yakni, Semarang, Jakarta dan Kota Tegal.

”Saya mendapat tugas mendatangi balon yang bermukim di Semarang. Yakni, Prof Dr Fakhrudin MPd. Ya mulai Senin (20/1) ini, saya berangkat menuju Semarang dan sudah ada janjian untuk menemui yang bersangkutan,” ucap dia, tanpa menyebutkan siapa anggota pansel yang akan mendampinginya.

Setelah selesai melakukan verifikasi berkas pendaftaran, langsung ke balon bersangkutan dan instansi terkait yang mengeluarkan surat keterangan, maka akan segera digelar pleno untuk mengumumkan siapa saja calon rektornya yang berhak dipilih dan bakal diuji senat universitas.

Menurut dia, masih ada sembilah tahapan kegiatan dalam pemilihan rektor perguruan tingginya, yang harus dilalui. Karena itulah, di saat seperti sekarang, pihaknya membutuhkan masukan dan dukungan berbagai pihak, agar calon rektor yang disajikan benar-benar sesuai harapan.

”Jadi masih ada kegiatan tahapan menerima masukan dari civitas akademika, klarifikasi masukan, penyampaian berkas calon terpilih ke senat universitas, rapat pleno dengan Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), pengumuman penetapan rektor terpilih periode 2020-2024 hingga puncaknya adalah pelantikan rektor terpilih menjadi rektor definitif,” ucap dia.

Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH mengatakan, bila melihat balon rektor yang mendaftar dan semuanya berasal dari perguruan tinggi negeri berkualitas, pihaknya optimis akan mendapatkan rektor yang dapat diandalkan untuk kemajuan perguruan tinggi yang dikelolanya.

”Kita serahkan urusannya secara demokratis. Ada pansel, civitas akademika, senat universitas dan yayasan. Semua akan memberikan masukan dan argumentasi yang kuat untuk mendapatkan rektor baru yang diharapkan dapat memberi kemajuan untuk UPS Tegal,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA