Take a fresh look at your lifestyle.

Pandemi Covid-19, Warga Wanatirta Tetap Semangat Sumbangkan Darah untuk Sesama

117

 

BUMIAYU– Pandemi Covid-19 tak mengendurkan semangat warga Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Brebes, untuk membantu sesama melalui aksi donor darah.

Mereka menyumbangkan darahnya pada kegiatan donor darah di kantor desa setempat,  Selasa (4/8). Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Karang Taruna Wana Ilma, Pemerintah Desa Wanatirta dan PMI Kabupaten Brebes.

Berdasarkan pantauan, kegiatan donor darah dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Calon pendonor wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta diukur suhu badannya.

Salah seorang warga, Teguh (40) mengatakan tidak takut mendonorkan darahnya meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Ia mengaku rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan. Selain untuk menolong sesama, donor darah juga menyehatkan tubuh.”Kegiatan donor darah ini aman karena dilakukan dengan protokol kesehatan. Semua pakai masker, petugas PMI juga mengenakan alat pelindung diri lengkap,” ujarnya.

Kepala Desa Wanatirta Lukman Hakim mengatakan, donor darah dilaksanakan untuk menyambut HUT ke 75 Kemerdekaan RI.”Ini kegiatan bakti sosial untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Alhamdulillah direspon dengan baik oleh masyarakat,” katanya.

Hingga selesai acara pukul 12.00, kades mengatakan, ada 45 warga yang mendonorkan darahnya.”Jumlah ini sebenarnya bisa lebih banyak jika seluruh calon pendonor yang datang lolos pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah atau lainnya,” katanya.

Melihat antusias warga, kades menambahkan, donor darah akan dilaksanakan rutin di desanya.”Kami juga berterimakasih kepada PMI Kabupaten Brebes yang mau jemput bola, menggelar donor darah di desa desa,” ujarnya.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA