Take a fresh look at your lifestyle.

PAN dan Demokrat Sepakat Bentuk Fraksi Gabungan di DPRD

167

BREBES – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat di Kabupaten Brebes, telah sepakat untuk membentuk fraksi gabungan dalam kedududukan anggota DPRD Kabupaten Brebes. Kesepakatan itu ditanda dengan penandatanganan surat keputusan bersama antara DPD PAN Brebes dengan DPC Partai Demokrat Brebes, Selasa (27/8).

Pembentukan fraksi gabungan kedua partai itu, menyusul perolehan kursi di DPRD Kabupaten Brebes yang belum bisa membentuk fraksi sendiri. PAN Brebes sesuai hasil Pemilu April lalu, mendapatkan 3 kursi. Demikian juga Partai Demokrat Brebes dalam Pemilu April lalu hanya mendapatkan 3 kursi. Sementara sesuai aturan, partai dapat membentuk fraksi sendiri minimal dengan perolehan 4 kursi.

“Hari ini, kami bersama PAN Brebes telah sepakat untuk membentuk fraksi gabungan di DPRD. Nama fraksinya PAN-Demokrat,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Brebes, Heri Fitriansyah usai penandatanganan surat keputusan bersama pembentukan farksi.

Dia mengatakan, pembentukan fraksi gabungan itu sebagai bentuk dari amanat Undang-undang MD3. Dimana, apabila partai tidak mampu membentuk Fraksi sendiri, maka harus membentuk Fraksi Gabungan. PAN dan partainya sama-sama memperoleh 3 kursi di DPRD. Sehingga masing-masing tidak bisa berdiri sendiri dan harus bergabung. “Kami dan PAN bergabung dalam satu fraksi karena Demokrat dan PAN memiliki platform yang sama. Yaitu, nasionalis -religius. Sehingga secara Chemistry Politik kita langsung sepakat untuk bergabung,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, kata dia, disepakat juga susunan kepengurusan Fraksi PAN-Demokrat. Selaku Ketua Fraksi adalah Zaki Safrudi P, yang merupakan Ketua DPD PAN Brebes. Kemudian, sekretaris fraksi dijabat Heri Fitriansyah yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Brebes. Sedangkan untuk posisi wakil ketua fraksi dijabat Tobidi dari PAN. “Kalau bendahara, telah kami sepakati dijabat Opy Ropiyah. Sedangkan untuk anggota ada 2 orang.” pungkasnya.

(Setiawan/ red2)

BERITA LAINNYA