Take a fresh look at your lifestyle.

Pagi Ini Ratusan Rumah di Ketanggungan Terendam Banjir

- Sungai Babakan Meluap

61

BREBES – Ratusan rumah warga di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Rabu pagi (17/2), terendam banjir. Ini terjadi menyusul limpasnya air Sungai Babakan ke pemukiman warga.

Bahkan, jalur utama Jakarta – Purwokerto via Pejagan juga ikut terendam banjir. Arus lalu lintas menjadi terganggu.

Komarudin (61), warga Desa Ketanggungan yang rumahnya terendam banjir menuturkan, air mulai masuk ke rumah sekitar pukul 02.00. Sebelumnya wilayahnya juga diguyur hujan. Sehingga membuat Sungai Babakan meluap dan limpas. Ketinggian air banjir antara 30-50 sentimeter. “Air masuk ke rumah saya kurang lebih pukul 02.00. Biasanya, jam 07.00-an air sudah surut, tapi ini belum surut,” tuturnya.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes yang juga warga Desa Ketanggungan, M. Rizki Ubaidilah mengatakan, sedikitnya ada lima desa yang terdampak banjir limpasan Sungai Babakan tersebut. Yakni, Desa Ketanggungan, Padakaton, Dukuhtengah, Dukuhturi dan Desa Karangmalang.
“Ada sekitar 500 rumah warga yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Babakan ini,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di lokasi banjir.

Menurut dia, banjir kali ini merupakan yang terlama. Sebab, setiap Sungai Babakan meluap, banjir akan surut sekitar pukul 05.00. Namun, banjir saat ini hingga pukul 08.00 WIB belum juga surut. “Biasanya sih sekitar pukul 05.00 air mulai surut, tapi banjir sekarang belum. Ini termasuk paling lama,” ucapnya.

Dia berharap, pemerintah provinsi maupun pusat untuk serius dalam normalisasi Sungai Babakan. Pasalnya, musibah banjir seperti ini merupakan musibah tahunan yang terjadi setiap tahun. Di sisi lain, diharapkan juga ada perbaikan drainase di jalan provinsi dan nasional, sehingga aliran air bisa lancar. “Kabupaten tidak bisa berbuat apa-apa. Ini karena kewenangan provinsi dan pusat. Jadi kita harapkan ada penanganan serius dalam menormalisasi Sungai Babakan,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA