Take a fresh look at your lifestyle.

Pagi Ini, Lima Desa di Losari Diterjang Banjir

- Tanggul Cisanggarung Jebol

519
BREBES – Sejumlah desa di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, pagi ini Senin (17/2), terendam banjir. Ini terjadi akibat tanggul di sungai yang membatasi wilayah Provinsi Jateng dan Jabar itu jebol. Banjir juga disebabkan akibat meluapnya air sungai, hingga limpas di beberapa titik.
Dampaknya, ratusan rumah warga terendam. Beberapa ruas jalan desa juga lumpuh akibat terandam banjir. Sejumlah desa yang terdampak banjir akibat luapan dan jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung di antaranya, Babakan, Kalibuntu, Karangsambung, Limbangan dan Pekauman. Tanggul sungai jebol di dua titik. Yakni, di Desa Babakan dan di Dukuh Limbangsari, Desa Limbangan. Kondisi terparah terjadi di Desa Bojongsari, karena di wilayah itu tanggul jebol sepanjang 10 meter. Sementara, di empat desa lainnya banjir lebih terjadi diakibatkan air sungai limpas. Tanggul Sungai di Desa Bojongsari diketahui jebol sekitar pukul 05.00. Imbasnya, ratusan rumah di dua pedukuhan terendam air dengan ketinggian lebih dari 30 sentimeter.
“Pagi ini, ada lima desa di Losari yang terendam banjir akibat luapan dan jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung,” ujar Muhaimin, anggota DPRD Kabupaten Brebes asal Desa Parpag Kidul, Kecamatan Losari, Senin (17/2).
Kondisi tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol di Dukuh Limbangsai, Desa Limbangan, Kecamatan Losari, Brebes. (SMpantura.com/dok)
Dia mengatakan, air mulai memasuki pemukiam sejak dini hari tadi. Di Desa Bojongsari, satu titik tanggul jebol sepanjang 10 meter. Sementara di desa lain, banjir terjadi akibat limpasan air sungai yang meluap. Luapan Sungai Cisanggarung terjadi menyusul wilayah hulu sungai dan wilayah Kecamatan Losari diguyur hujan deras. “Selain areal persawahan, banjir ini juga menggenangi ratusan rumah warga. Di Desa Pekauman misalnya, jalan utama yang menghubungkan ke desa lain lumpuh karena terendam banjir,” ungkapnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya meminta persoalan tanggul Sungai Cisanggarung ditangani serius. Sebab, hampir setiap musim penghujan selalu jebol dan limpas.
(b.setiawan-red2)
BERITA LAINNYA