Take a fresh look at your lifestyle.

Ormas dan OKP di Kota Tegal Dibekali Pemahaman Ideologi Pancasila

157

 

TEGAL-Pemkot Tegal menggelar sosialisasi “Penguatan Ideologi Pancasila” yang dihadiri perwakilan Organisasi Mayarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) Kota Tegal, di Gedung Eks Samsat Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (1/10).

Sedikitnya 200 orang anggota Ormas dan OKP turut mengikuti kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tegal.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, perwakilan Ormas dan OKP yang hadir akan diingat kembali dan harus benar-benar memahami ideologi Pancasila. Hal yang perlu dipahami juga adalah mengenai empat pilar kebangsaan.

Pancasila, sebagai pilar asas ideologi bangsa, UUD 1945 sebagai pedoman berbangsa, NKRI asas persatuan yang tidak bisa ditawar, dan pilar keempat Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu dari beragamnya agama, suku, dan bahasa yang ada di Indonesia.

Tak hanya dipahami oleh anggota Ormas dan OKP, mereka juga harus memberikan pemahaman ke masyarakat luas di lingkungan masing-masing.

“Pemuda adalah ujung tombak kekuatan bangsa Indonesia. Kita tidak bisa terpecah belah. Empat pilar ini harus disampaikan ke tengah masyarakat. Ini adalah pilar bela bangsa, semua pemuda harus diberi tahu,” tegasnya.

Plt. Kepala Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji mengatakan, kegiatan ini dilangsungkan sebab akhir- akhir ini banyak isu yang ingin memecah belah masyarakat.

Isu itu di antaranya adalah komunisme, radikalisme, propoganda, dan lainnya yang mudah menimbulkan perpecahan.”Kegiatan ini bermaksud memberikan pemahaman kebangsaan sebagai perekat kesatuan bangsa. Sekaligus menjadi upaya untuk meningkatkan pemahaman ideologi Pancasila,” pungkasnya. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA