Take a fresh look at your lifestyle.

Organda Kerahkan 27 Angkot, Distribusikan Bantuan Logistik

* Dampak Karantina Wilayah Terbatas di Kota Tegal

244

TEGAL – Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Tegal menyatakan siap mengerahkan sebanyak 27 armada angkutan kota (Angkot) jurusan Kota Tegal-Slawi.

Yakni, untuk membantu mendistribusikan bantuan logistik yang tersebar di 27 kelurahan dan empat kecamatan di Kota Tegal.

Hal itu disampaikan Ketua Organda Kota Tegal Popo, usai bertemu dengan Kepala Dinas Sosial Dyah Kemala Shinta dan Ketua Koperasi Prima Bahari, Jumat (3/4).

Pertemuan itu, intinya membahas rencana Pemkot Tegal mendistribusikan logistik berupa sembako atau keperluan sehari-hari bagi warga Kota Tegal yang perlu dibantu, berkait kemerabakan Virus Corona.

”Sebelum bertemu saya dan Ketua Koperasi Prima Bahari, memang ada rapat tertutup antara para pejabat, antara lain Kadinsos dan Wakil Wali Kota M Jumadi di Kantor Dinsos,” ucap Popo.

Setelah rapat tertutup selesai, Kadinsos bergerak cepat berkoordinasi dengan dirinya dan Ketua Koperasi Prima Bahari Siti Aminah, ruang kerja sekdinsos, untuk membahas teknis pendistribusian bantuan logistik dari Pemkot Tegal ke warga.

14.111 Warga

Dia mengungkapkan, dalam pertemuan itu ada sekitar 14.111 warga yang layak dibantu akibat kebijakan karantina wilayah terbatas.

Mereka tidak bisa menjalankan aktivitas bisnisnya sehingga penghasilannya turun drastis.

Selain sejumlah warga miskin, warga terdampak seperti itu, dinilainya memang harus dibantu. Agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.

Karena mereka tidak bisa beraktivitas untuk bekerja seperti hari-hari sebelumnya.

”Anggota organisasi kami juga ada yang masuk catatan untuk dibantu. Seperti para sopir angkot, elf dan sopir taksi. Jumlahnya mencapai lebih dari 1.500 orang. Warga lainnya yang dibantu adalah para pengendara ojek, dan tukang becak,” ucap dia.

Menurut dia, meski merupakan organisasi yang sangat terpukul dengan kebijakan Pemkot Tegal yang menerapkan karantina wilayah terbatas dan social distancing, Organda Tegal tetap bersemangat dalam membantu program pemerintah.

Hal penting lainnya, pihaknya juga berkeinginan mengusulkan ada perubahan jalur angkot tujuan Kota Tegal ke Slawi dan sebaliknya.

Karena dengan ketentuan jalur lama dan ada kebijakan karantina wilayah terbatas, para sopir angkot tak bisa beroperasi. Karena banyak akses jalan yang ditutup.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA