Take a fresh look at your lifestyle.

Optimalkan Penghimpunan Zakat, Baznas Gencarkan Gerakan Cinta Zakat

93

SLAWI,smpantura.com – Bertepatan di bulan Ramadan ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal mengadakan gerakan cinta zakat, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (29/4).

Gerakan tersebut bertujuan  mengoptimalkan penghimpunan zakat di wilayah Kabupaten Tegal utamanya dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) yang sejauh ini belum optimal.

Tidak hanya mengenalkan gerakan cinta zakat,  Baznas juga memberikan bantuan sembako kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan kepada pegawai harian lepas (PHL).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah, juga membayarkan zakatnya.  Selama inI orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini rutin setiap bulan menyalurkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Tegal.

Ketua Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi berharap, apa yang dilakukan oleh Bupati Umi menjadi teladan dan bisa diikuti  oleh ASN mulai kepala dinas dan lain-lain.

“Jadi untuk zakat sudah ditentukan  secara syariah yaitu 2,5 persen dari gaji yang diterima oleh ASN. Saya sebut belum optimal karena kebetulan kami baru dua tahun berdiri, sehingga unit pengumpul zakat (UPZ) belum seluruhnya terbentuk di dinas-dinas,” ujar Akhmad Rofiqi.

Rofiqi menyebutkan, bila melihat potensi zakat di Kabupaten Tegal, dalam setahun minimal dapat terkumpul hingga Rp 15 miliar. Jumlah tersebut hanya dari pegawai ASN saja.

Dengan belum terbentuknya UPZ di setiap dinas, maka  untuk tahun 2021 ini,  Baznas menargetkan pengumpulan zakat bisa tercapai Rp 3,5 miliar.

“Semoga dengan gencarnya kami mensosialisasikan mengenai zakat, target yang sudah ditentukan tahun ini bisa tercapai,” harapnya.

Sementara terkait pembagian zakat pada hari itu, yang juga diberikan secara simbolis oleh Bupati Tegal Umi Azizah, secara rinci untuk ramadan bahagia sebanyak 450 paket sembako.

“Paket sembako yang kami berikan seperti beras, mie, minyak goreng, telor, dan lain-lain,” imbuh Rofiqi.

Kemudian ramadan ceria dibagikan untuk 24 LKSA. Selanjutnya juga diberikan bantuan tunai mustahik untuk 1.083 Pegawai Harian Lepas (PHL) di wilayah Kabupaten Tegal. (T04-Red)

BERITA LAINNYA