Take a fresh look at your lifestyle.

Optimalisasi Dunia Usaha dan Dukung KIB, Kadin Brebes Kunjungi Sejumlah Pabrik

156

BREBES – Para pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Brebes, melakukan kegiatan kunjungan industri ke sejumlah pabrik di wilayahnya, kemarin (29/7). Kegiatan itu dilakukan dalam upaya mengoptimalisasi dunia usaha untuk mendukung Kawasan Industri Brebes (KIB) yang berkelanjutan.

Sedikitnya ada dua pabrik yang dikunjungi dalan kegiatan tersebut. Yakni, pabrik milik PT Charoen Pokphand Jaya Farm di Kecamatan Banjarharjo dan Pabrik milik PT Sumber Masanda Jaya ( SMJ ) di Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba. Kunjungan ke pabrik dipimpin langsung Ketua Kadin Brebes, Indra Kusuma. Kegiatan juga diikuti beberapa dinas terkait di Pemkab Brebes dan Komisi II DPRD Brebes.

“Selain dalam upaya optimalisasi dunia usaha mendukung KIB, giat ini kami laksanakan untuk menjalin sinergitas,” ungkap Ketua Kadin Brebes, Indra Kusuma, usai kegiatan.

Menurut dia, sinergi antara dunia usaha dengan para pelaku UMKM dan koperasi penting terjalin karena sebagai pilar penopang kemandirian daerah Brebes. Mengingat, keberadaannya akan saling mengisi. “Jadi, sinergitas ini penting karena menjadi tiang penopang kemandirian, khususnya di Brebes,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Kadin Brebes, Cibandono Hamidy menambahkan, ke depan diharapkan dunia usaha bersama Pemda Brebes memaksimalkan program CSR, yang tepat sasaran terhadap pemberdayaan masyarakat. Misalnya, untuk program peduli pendidikan lewat pelatihan guru, program peduli kesehatan berupa pelatihan kader posyandu dan mendukung penanganan Covid-19. “Keterbukaan peran serta Pemda dengan kemudahan berusaha bagi dunia Industri juga sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut dia, keberadaan industri di Brebes juha harus diperhatikan penanganan limbahnya. Penanganan limbah industri itu harus memperhatikan kaidah-kaidah konservasi lingkungan hidup. Sehingga, kedepannya tidak berdampak kepada masyarakat Brebes. “Kami mengajak semua elemen masyarakat di Brebes untuk mewujudkan KIB yang ramah lingkungan,” pungkasnya.

(Setiawan-red2)

BERITA LAINNYA