Take a fresh look at your lifestyle.

Ops Zebra Candi, Siap Sasar Pelanggar Lalin dan Pelaku Kriminal Jalanan

142

BREBES – Jajaran Polres Brebes mulai hari ini (kemarin-red), Rabu (23/10), menggelar Operasi (Ops) Zebra Candi tahun 2019. Pelaksanaan operasi yang akan digelar selama dua pekan itu, ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Brebes, dipimpin Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyoni. Selain pelanggar lalu lintas yang akan menjadi sasaran ops Zebra Candi, para pelaku kriminal jalanan juga akan menjadi targetnya.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kabag Ops Polres Brebes Kompol Raharja mengatakan, ada delapan poin sasaran dalam operasi zebra kali ini. Kedelapan poin tersebut di antaranya, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan safety-belt, melebihi batas kecepatan, dan di bawah pengaruh alkohol (miras) serta menggunakan handphone seluler. Kemudian, pengendara yang melawan arus, pengendara di bawah usia 17 tahun dan yang menggunakan strobo (sirine) pada kendaraan. “Dalam razia kali ini, 80 persen pelanggar akan kami tindak, dan 20 persen lainnya berupa pencegahan,” ungkapnya, usai apel gelar pasukan di halaman Mapolres Brebes.

Menurut dia, meski 80 persen penindakan, tetapi pihaknya akan tetap lebih mengedepankan sisi pendidikan atau edukasi kepada masyarakat. Itu tidak lain, karena kecelakaan yang terjadi diawali dari pelanggaran lalu lintas. “Ini untuk efek jera kepada para pelanggar lalu lintas. Sekaligus, untuk menekan angka kecelakaan di wilauah Brebes,” tandasnya

Lebih lanjut dia mengatakan, tidak hanya menekan angka kecelakaan, operasi zebra juga untuk menjaga kemanan lingkungan. Terutama, dari para pelaku kriminal jalanan, seperti pencurian dengan kekerasan. “Jadi, kami juga fokus untuk antisipasi tindak kejahatan dalam operasi ini,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA