Take a fresh look at your lifestyle.

Operasi Laboratorium PCR RSUD Kardinah Tunggu Lisensi

35

TEGAL, smpantura.com – Tim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, melakukan visitasi ke RSUD Kardinah Kota Tegal, untuk melihat Laboratorium Kontainer Polymerase Chain Reaction (PCR) sebelum dioperasikan untuk umum, Selasa (21/9) siang.

Plt Direktur RSUD Kardinah, drg Agus Dwi S memaparkan, hasil visitasi nantinya akan menentukan lisensi pengoperasian laboratorium kontainer. Jika rekomendasi turun, maka layanan pemeriksaan PCR dapat segera dilakukan.

Melalui metode baru berupa PCR Drive Thru, pihaknya juga ingin mengedukasi masyarakat, bahwa swab bukanlah momok yang menakutkan. Namun, juga bisa dilakukan dengan efektif dan efisien tanpa harus menunggu atau antre terlalu lama.

“Pengadaan Laboratorium Kontainer PCR senilai Rp 5 Miliar ini dilakukan untuk mengantisipasi gelombang ketiga yang berpotensi terjadi. Karena kita ketahui bersama, gelombang kedua pada Juni dan Juli meledak, banyak rumah sakit yang kewalahan menangani PCR,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap kasus yang terus melandai dapat bertahan seiring meningkatnya kekebalan kelompok dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, drg Agus juga menegaskan, nantinya Laboratorium Kontainer PCR tidak hanya digunakan untuk Covid-19 saja. Melainkan pula dapat dimanfaatkan untuk human immunodeficiency virus, hepatitis, virus H5N1 atau flu burung dan layanan lainnya.

“Layanan swab PCR bisa dimanfaatkan masyarakat dengan harga Rp 450 ribu. Sedangkan layanan swab antigen Rp 95 tibu. Hasilnya dapat diketahui paling lambat 120 menit dan seluruh hasilnya akan tercatat di data provinsi dan pusat,” tukas drg Agus. (T03-red)

BERITA LAINNYA