Take a fresh look at your lifestyle.

Obyek Wisata Pantai Muarareja Indah Perlu Ditambah Wanaha Permainan

242

TEGAL – Obyek wisata Pantai Muarareja, Kota Tegal perlu adanya penambahan wahan permainan agar lebih menarik. Wahana permainan yang dimaksud bisa wanaha air, permainan anak anak maupun lainnya agar wisatawan yang berkunjung semakin ramai.

“Potensi Pantai Muarareja ini cukup besar dan masih memungkinkan untuk dikembangan menjadi lebih menarik. Lahan yang ada disekitar obyek wisata masih memungkinkan untuk pengembangan, meskipun lahan tersebut sebagian milik masyarakat,” ujar Lurah Muarareja, Zainal Asikin, baru baru ini.

Dia mengatakan, Pantai Muarareja pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat melalui Kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Perkembangan obyek wisata tersebut sebenarnya cukup pesat, sebab kurang dari 10 tahun lokasi tersebut sudah tertata rapi dengan fasilitas yang ada. Namun fasilitas untuk permainan perlu ditambahkan agar menjadi banyak pilihan bagi para pengunjung. Salah satu wahana yang potensi ditambahkan salah satunya kapal wisata yang bisa disewa menyusuri pantai. Selain itu wahana air lainnya masih bisa ditambahkan dengan memaksimalkan tambak yang ada di lokasi itu. Hal itu dilakukan tujuan utamanya agar lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung. Dengan banyaknya pengunjung dapat dipastikan membawa dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat. Selain itu untuk memberikan alternatif obyek wisata pantai pada masyarakat luar Kota Tegal saat berkunjung di kota itu.

“Namun sebelum menuju hal tersebut, salah satu langkah yang perlu dilakukan yaitu menambah lebar akses jalan menuju obyek wisata. Selain itu masih perlu ada pembenanahan dan pembinaan pada pengelola, pedagang, maupun pengunjung pantai itu,” imbuhnya.

Ia mengatakan, salah satu target utama dikembangkannya pantai Muarareja Indah yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Hal tersebut sudah mulai menunjukkan hasil, dimana melalui obyek wisata tersebut mampu menyerap atau menciptakan lapangan pekerjaan baru. Masyarakat yang sebelumnya tidak bekerja, akhirnya berdagang, adapula yang menjadi keamanan, serta lainnya sehingga perekonomiannya meningkat. Namun untuk pengelolaan pantai tersebut masih perlu ditingkatkan dan lebih kreatif lagi agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung di pantai Muarareja Indah. Pemerintah kota melalui dinas terkait diharapkan memberikan pendampingan dan pendalaman terkait dengan Sapta Pesona. Hal itu disebabkan pemahaman pengelola dan pedagang terkait dengan Sapta Pesona masih kurang, sehingga perlu ditingkatkan.(H77/Red_03)

BERITA LAINNYA