Take a fresh look at your lifestyle.

Objek Wisata PAI Masih Jadi Andalan Kota Bahari

201

TEGAL – Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) berada di Kota Tegal, Jawa Tengah. Dari jalan Pantura hanya berjarak sekitar satu kilometer. Tempat wisata tersebut merupakan salah satu potensi yang selama ini turut menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemkot Tegal melalui pemungutan tiket masuk dan retribusi parkir.

Sebelumnya, PAI masih belum tertata. Pertamanan dan fasilitas di dalamnya masih seadanya, padahal minat masyarakat terhadap objek wisata itu cukup besar, terutama pada saat hari Minggu dan peringatan hari besar nasional. Namun setelah tahun 2004, pemerintah setempat, secara perlahan, mulai serius mengelola dengan membenahi beberapa bagian penting antara lain memperindah pertamanan, penyediaan lahan parkir yang lebih representatif, pembangunan masjid, gardu pandang, dan dua buah anjungan yang dapat digunakan untuk bercengkerama para pengunjung.

Pemerintah Kota Tegal juga pernah mengundang investor lokal untuk menyediakan restoran apung, lengkap dengan dermaganya. Pada akhir periode kepemimpinan Adi Winarso bahkan dibangun pula Monumen Bahari berbentuk kapal perang yang dilengkapi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) bekas, pemerian dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut.

Monumen ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Tedjo Edhy Purdijatno dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Dra. Rustriningsih. Fasilitas baru yang dibangun pada masa kepemimpinan Ikmal Jaya adalah disediakannya wahana permainan air, water boom, berhadapan langsung dengan Monumen Bahari. Kemudian pada saat kepemimpinan, Siti Masitha Soeparno juga dilakukan pembenahan dan penataan, termasuk pembangunan jogging track di sepanjang PAI dan kini pada saat Wali Kota, Dedy Yon Supriyono akan mengisi berbagai acara meriah dan spetakuler yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengunjung di objek wisata andalan Kota Bahari. (Wawan Hoed/Red1)

BERITA LAINNYA