Take a fresh look at your lifestyle.

Ngaji Ramadan Digelar di KPU Brebes

- Belajar Quran Perlu Guru

58

BREBES, smpantura.com  – Al Quran yang diturunkan pada 17 Ramadan, banyak tersimpan mukjizat dan makna yang terkandung di dalamnya. Namun untuk mempelajari Al Quran itu diperlukan guru atau ustadz, agar jangan sampai tersesat. Demikian dikatakan Ustadz Sutarno SAg, saat memberikan tausiyah Jumat (7/5) di KPU Kabupaten Brebes dalam rangka Ngaji Ramadan seri 2.

Al Quran yang merupakan kalam Allah itu, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril. Namun bukan berarti Allah itu bicara dan menyampaikan kalam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW seperti manusia berbicara. Malaikat Jibril diberi kemampuan khusus untuk menyampaikan kalam Allah itu kepada Nabi Muhammad hingga kemudian menjadi Al Quran seperti sekarang ini.

“Untuk mempelajar Al Quran ini, perlu seorang guru atau ustadz yang mempunyai keahlian khususnya. Sama dengan seseorang yang tidak mempunyai keahlian, tapi disuruh melakukan. Maka yang terjadi adalah kekeliruan atau kesesatan,” katanya.

Dikatakan, belajar Al Quran dengan membaca terjemahan, kata Ustadz Sutarno, itu termasuk kegiatan yang bagus. Namun untuk memahami lebih lanjut, harus belajar kepada ahlinya. “Banyak contoh ayat, yang jika diartikan secara harfiah, bisa menjadikan kesesatan,” katanya sambil mencontohkan beberapa ayat Al Quran.

Kegiatan Ngaji Ramadan ini dibuka Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi, diikuti seluruh komisioner dan seluruh jajaran sekretariat KPU. Dalam kegiatan ini juga dilakukan tanya jawab yang dipandu Akhmad Nizam Baequni dengan tema seputar Nuzulul Quran dan beberapa hal terkait dengan persolah hukum Islam.

(T07-red)

BERITA LAINNYA