Take a fresh look at your lifestyle.

Nelayan Kota Tegal Sambut Baik Penggunaan Cantrang Untuk Menangkap Ikan

152

TEGAL – Wacana Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) Memperbolehkan Penggunaan Cantrang Untuk Menangkap Ikan Dan 8 Alat Penangkap Ikan Lainya Disambut Baik Oleh Nelayan Kota Tegal, Nelayan Didaerah Jawa Tengah, Dan Lamongan Jawa Timur Serta Beberapa Nelayan Di Indonesia Yang Selama Ini Menggunakan Cantrang, Payang Untuk Menangkap Ikan.

Menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto,Bulan Maret 2020 Kemaren Nelayan Kota Tegal Ikut Serta Dalam Mobilisasi Kapal Pantura Jawa Tengah (Cantrang) Ke Laut Natuna Utara, Namun Selama Beroperasi Dilaut Natuna Utara Hasil Tangkapan Ikanya Sulit, Arusnya Sangat Kuat Disana. Hal Ini Membuktikan Bahwa Cantrang Alat Penangkap Ikan Yang Tidak Merusak Karena Terpengaruh Dengan Arus Yang Kuat, Berbeda Karakteristiknya Dengan Trawl.

Cantrang Secara Nyata Telah Memberikan Impact Yang Cukup Luas, Baik Penyerapan Tenaga Kerja, Penyediaan Bahan Baku Industri Maupun Pengolahan Tradisional, Sehingga Dapat Dikatakan Ikut Menjadi Daya Ungkit Perekonomian.

Dengan Diperbolehkan Cantrang Untuk Menangkap Ikan Tentu Juga Dapat Mendongkrak, Meningkatkan Pajak Sektor Kelautan Dan Perikanan Untuk Negara Melalui PNBP Dan PHP Dari Kapal Cantrang Dengan Ukuran Diatas 30 GT.

Nelayan Kota Tegal Akan Menyesuaikan Aturan Penggunan Cantrang Untuk Menangkap Ikan Dengan Pengaturan Dan Pengendalian Serta Pengawasan Dari Pemerintah Untuk Menjaga Keberlanjutan Sumber Daya Ikan. (Wawan Hoed/Red1)

Riswanto
Ketua DPC HNSI Kota Tegal

BERITA LAINNYA